Cara Membuat Sabun Bayi Sendiri yang Aman dan Tidak Menimbulkan Iritasi

Cara Membuat Sabun Bayi Sendiri yang Aman dan Tidak Menimbulkan Iritasi

Sebenarnya, seorang bayi yang baru berusia kurang dari satu tahun hanya perlu dimandikan tiga kali dalam satu minggu tanpa harus menggunakan sabun pembersih. Bagian terpenting yang perlu dibersihkan yaitu bokong serta lipatan-lipatan tangan dan kaki. Ketika bayi sudah bertambah usia dan sering beraktivitas di luar ruangan, barulah frekuensi memandikan bayi bisa ditambah. Selain itu pilih juga sabun bayi yang aman untuk digunakan.

Cara Membuat Sabun Bayi Sendiri yang Aman dan Tidak Menimbulkan Iritasi

Ketika memilih sabun bayi, perhatikanlah kandungannya secara teliti dengan melihat di bagian komposisi. Sabun yang aman tidak boleh mengandung bahan kimia seperti phthalate dan peraben karena cukup berbahaya bagi kulit si kecil. Pilih juga sabun yang lembut, ringan, dan bebas dari bahan pewangi dan pengawet berbahaya. Namun jika Anda belum mendapatkan sabun dengan karakteristik seperti ini, tidak perlu cemas. Karena Anda bisa membuatnya sendiri.

Banyak orang tua yang memilih membuat sabun bayi sendiri karena lebih aman untuk kulit si kecil. Jika Anda ingin mencobanya juga, pastikan sabun yang akan dibuat tidak mengandung bahan kimia. Bahan yang dibuat harus berupa bahan pewangi alami yang tidak berbahaya. Sabun bayi juga membutuhkan lemak dari minyak, hanya saja kadarnya lebih sedikit dibandingkan dengan sabun untuk orang dewasa. Berikut adalah panduan cara membuatnya

Bahan-bahan

  • Sabun zaitun murni (unscented castile soap), bisa dibeli di toko bahan organik. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan takaran kebutuhan.
  • Minyak esensial seperti jeruk, lavender, dan pewangi alami lainnya. Namun hindari penggunaan minyak wangi.
  • Pengawet alami dari minyak rosemary.
  • Bunga lavender yang masih utuh.

Langkah Pembuatan

  • Siapkanlah wadah dari botol plastik berkapasitas 600 ml. Jika menggunakan botol plastik bekas air mineral, pastikan sudah dicuci bersih terlebih dahulu.
  • Tambahkan 414 ml atau sekitar 1 ¾ gelas sabun zaitun murni ke dalam botol tadi.
  • Beri 2 tetes minyak esensial menggunakan pipet. Fungsinya sebagai pengharum alami sabun.
  • Masukan juga 2 tetes ekstrak rosemary ke dalam campuran bahan sabun.
  • Lalu beri 2 sendok makan bunga lavender ke dalam botol. Anda juga bisa memadukannya dengan bunga chamonicle dengan perbandingan 1 : 1.
  • Setelah semua bahan masuk ke dalam botol, kocok selama 30 detik lalu diamkan selama 1 jam.
  • Sabun siap digunakan.

Keunggulan Sabun bayi Buatan Sendiri

Sabun bayi yang dibuat sendiri memiliki banyak keunggulan. Selain hemat biaya, juga lebih aman digunakan karena tidak mengandung banyak bahan kimia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir si kecil akan mengalami gangguan atau iritasi di kulit seperti gatal-gatal, ruam, kulit kemerahan, dan lain sebagainya.

Itulah cara membuat sabun bayi sendiri di rumah beserta kelebihan yang dimilikinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan