Cara Mengatur Pola Tidur Bayi dengan Teratur

Cara Mengatur Pola Tidur Bayi dengan Teratur

Merawat bayi Anda membawa kegembiraan yang cukup besar. Akan tetapi ada hal penting lain yang harus diperhatikan dengan baik, yaitu mengenai pola tidur bayi yang harus dilakukan secara teratur agar bayi Anda dapat istirahat dengan tenang. Pada 3-6 bulan bayi biasanya mengembangkan pola tidur teratur dan dapat terlelap hingga fajar tiba. Saat otak bayi Anda matang selama beberapa bulan pertama ini, Anda mungkin akan melihat pola tidur mulai muncul meskipun mungkin bukan pola yang Anda inginkan.

Cara Mengatur Pola Tidur Bayi dengan Teratur 

Jika Anda tertarik untuk mempelajari beberapa cara mengatur pola tidur yang baik untuk bayi Anda, maka Anda berada di tempat yang tepat. Ketika bayi Anda tidur lebih nyenyak, maka Anda akan melihat bayi yang lebih menarik setelah istirahat malam yang baik atau tidur siang yang berkualitas dianjurkan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mendorong kebiasaan tidur yang baik pada bayi, dan pada akhirnya membantu Anda mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan juga. 

Berikut pola tidur bayi yang baik dan teratur:

  • Kenali tanda-tanda bahwa bayi Anda lelah.

Bayi Anda akan memberi tahu Anda jika dia perlu tidur. Perhatikan tanda-tanda umum kelelahan seperti menggosok mata, menguap atau rewel. Jangan menunggu sampai bayi Anda terlalu lelah untuk menidurkannya. Cobalah untuk tetap selangkah lebih maju dengan mencari tanda-tanda bahwa dia mulai mengantuk sebelum dia rewel.

  • Atur siklus tidur siang.

Mengatur tidur pada bayi dengan membiasakan tidur siang sangatlah penting dan sangat dianjurkan, sehingga biasakan anak untuk memiliki jam tersendiri dalam mengistirahatkan tubuhnya disiang hari. Karena siang hari tidak hanya digunakan untuk bermain dan bersenang-senang saja, melainkan juga digunakan untuk beristirahat.

  • Pisahkan makan dari tidurnya.

Setelah bulan pertama, Anda tidak ingin membiarkan bayi Anda tertidur ketika Anda makan atau mengayunnya, karena Anda ingin dia mencari cara untuk tidur. Dia mungkin makan sedikit, tidur sebentar, dan makan lagi, beberapa kali. Jika dia tidur dan terus tidur ketika Anda memberinya makan, berhenti dan tidurkan dia.

  • Batasi lama tidur siang hari.

Sulit untuk membangunkan bayi yang tidur, tetapi tidur terlalu lama saat siang hari dapat mengganggu tidur malam. Jika Anda merasa bayi benar-benar membutuhkan tidur siang lagi, jangan ragu untuk meningkatkan batas tidur siang menjadi 2,5 jam. Putus tidur di siang hari akan membantu bayi yang baru lahir tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Tentu saja, disaat dimana buah hati Anda kelelahan dan membutuhkan sedikit pemulihan. Maka Anda dapat menganjurkannya untuk tidur. Sehingga untuk mengatur pola tidur bayi yang baik, maka Anda dapat untuk mengikuti beberapa ulasan yang ada di atas agar buah hati Anda memiliki jam istirahat yang baik dan teratur.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan