Cara Mengganti Popok Bayi Secara Benar

Cara Mengganti Popok Bayi Secara Benar

Sebagai seorang orangtua baru, Anda pasti akan bertanya-tanya cara merawat bayi secara benar dan tepat. Termasuk dalam cara mengganti popoknya. Anda harus menyimak ulasan berikut ini terkait cara mengganti popok bayi secara benar dan tepat sehingga tidak akan membahayakan kondisi sang buah hati.

Cara Mengganti Popok Bayi Secara Benar

Persiapan Mengganti Popok

Saat hendak mengganti popok bayi, Anda harus memastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih. Oleh karena itu Anda harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggantinya. Anda dapat mencuci dengan air dan sabun ataupun hanya dengan hand sanitizer. Setelah tangan sudah dicuci pastikan dalam kondisi kering saat menggantinya. Anda dapat mengeringkan dengan handuk bersih ataupun dengan tisu kering bersih yang sudah tersedia.

Setelah kondisi tangan sudah dipastikan bersih segera menyiapkan beberapa barang yang dibutuhkan seperti popok bersih, tisu ataupun kain basah. Anda juga harus menyiapkan air hangat untuk membilas pantat sang buah hati. Sediakan pula handuk kering untuk memastikan kulit sang buah hati dalam keadaan kering.

Pada saat Anda mengganti popok, dapat meletakkan bayi Anda di tempat yang aman untuk meminimalisir terjadinya peristiwa terjatuh ataupun terguling. Anda harus memberikan alas sebelum akan digantikan popok dan jangan sampai meninggalkan bayi tanpa pengawasan. Jangan sampai teledor karena keselamatan bayi sudah menjadi tanggung jawab utama bagi orangtua. Salah satu hal yang harus dipersiapkan kembali yaitu kantong plastik untuk menampung popok bekas sebelum dibuang.

Membersihkan Bayi dari Popok Kotor

Anda harus membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh bayi seperti halnya feses maupun urin. Gunakanlah bagian depan popok untuk membersihkan feses yang dikeluarkan. Angkat bagian bokong si kecil kemudian bersihkanlah bagian kelamin dan juga bagian sekitarnya dengan menggunakan tisu basah ataupun handuk basah. Bersihkan dari arah depan ke belakang agar tidak terjadi kondisi infeksi kelamin.  

Anda harus selalu memastikan bayi berada pada kondisi bersih baik di sekitar kelamin, pantat ataupun lipatan pahanya. Hal ini mencegah untuk terjadinya iritasi. Biarkan beberapa saat agar kulit sang buah hati kering dengan sendirinya atau apabila terlalu lama dapat mengusap dengan lap kering. Setelah itu oleskan krim khusus yang disarankan oleh dokter untuk mencegah terjadinya ruam popok.

Mengganti Popok Bersih

Saat mengganti popok bersih bagi bayi laki-laki alangkah lebih baiknya untuk memastikan kondisi kelaminnya mengarah ke arah bawah. Hal ini bertujuan untuk mencegah air kencing berada pada posisi atas sehingga akan mengenai kulit perut sang bayi. Anda harus memastikan pula posisi popok bayi berada diantara kedua kaki dengan seimbang. Setelah selesai mengganti popok Anda harus kembali mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Namun apabila tidak ada yang mengawasi bayi Anda sebaiknya mencuci dengan hand sanitizer.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan