Cara Mudah Mengatasi Bayi Demam dengan Tepat

Cara Mudah Mengatasi Bayi Demam dengan Tepat

Ketika bayi sakit maka tidak mengherankan hal tersebut juga akan membuat orangtua menjadi panik. Walaupun sebenarnya sakit bayi tidak terlalu parah tetapi karena tidak tega bayinya mengalami sakit dan juga sering menangis hal tersebut akan membuat orangtua justru menjadi kebingungan dan khawatir. Seperti misalnya ketika bayi demam orangtua akan panik terlebih dahulu karena bingung apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Terutama untuk orangtua baru yang belum mengalami hal tersebut sebelumnya akan sangat kebingungan dan juga panik.

 Cara Mudah Mengatasi Bayi Demam dengan Tepat

Demam pada bayi biasanya akan menyebabkan orangtua dalam dilema apakah harus dibawa dan di periksakan ke dokter atau sebenarnya tidak terlalu parah dan bisa ditangani sendiri. Orangtua akan takut untuk salah mengambil tindakan karena bayi mengalami demam ini. Demam yang dialami bayi sendiri termasuk pencegahan penyakit yang lebih parah karena hal tersebut merupakan reaksi tubuhnya untuk melawan penyakit. Dimana ketika ada hal asing yang masuk ke tubuhnya seperti virus maka hal pertama yang dilakukan oleh sistem imunnya adalah menolak dan ditandai dengan demam karena suhu tubuhnya yang meningkat.

Untuk dapat mengatasi bayi demam dengan tepat, langkah pertama yang harus diketahui adalah dengan mengetahui jenis demam yang bisa terjadi pada bayi. Dimana jenis demam yang dialami bayi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

  • Demam ringan merupakan jenis yang pertama dimana suhu tubuh untuk demam ini tidak terlalu tinggi. Biasanya suhu demam ini sekitar 37 hingga 37,5 derajat Celcius sehingga tidak perlu dikhawatirkan.
  • Demam sedang merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai suhu badan lebih tinggi dan terasa panas. Suhu demam sedang berkisar antara 38 hingga 38,5 derajat Celcius dan perlu untuk di kompres.
  • Demam tinggi merupakan kondisi dan jenis yang paling parah karena mempunyai suhu badan mencapai 39 derajat Celcius hingga lebih.

Ketika sedang demam, bayi juga akan mengalami gejala lainnya yang menandakan badannya sedang tidak sehat. Seperti misalnya gejala demam adalah menangis terus tanpa sebab, napasnya yang pendek, mengantuk, marah, nafsu makannya yang menghilang, merasa pusing, dan juga sakit kepala. Untuk orangtua untuk mengatasi hal tersebut harus tetap tenang, memeriksa suhu tubuh bayi, dan juga memberikan obat yang sesuai.

Selain itu untuk cara mengatasi bayi demam yang bisa dilakukan dengan tepat di rumah sebelum akan dibawa ke dokter adalah sebagai berikut ini:

  • Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan mendinginkan ruangan seperti dengan membuka jendela atau menghidupkan pendingin ruangan.
  • Selanjutnya bisa mengkompres dahi bayi dengan membasahi handuk dengan air dingin.
  • Berikan bayi minuman yang dingin dan juga obat penurun demam.
  • Ibu dapat menyusui bayi untuk dapat membuatnya lebih baik.
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan