Cara Mudah Merawat Gigi Anak Agar Tidak Berlubang

Cara Mudah Merawat Gigi Anak Agar Tidak Berlubang

Peran gigi sebagai salah satu bagian tubuh yang membantu proses pencernaan makanan memang tergolong penting, sehingga tak heran jika seandainya perawatannya juga membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan kecil, mengingat organ tubuh yang satu ini juga memiliki peran dalam menunjang nilai estetika atau kecantikan tubuh. Mulai dari kecil para orang tua harus membiasakan buah hati agar merawat giginya dengan baik, karena gigi anak ini kedepannya akan mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen.

Cara Mudah Merawat Gigi Anak Agar Tidak Berlubang 

Apalagi tak bisa dipungkiri juga jika seandainya anak-anak tergolong sebagai kalangan yang masih cuek dengan kesehatan giginya, senang mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis, malas gosok gigi dan sejenisnya selalu menjadi permasalahan utama. Adapun setidaknya beberapa cara yang sebaiknya dilakukan para orang tua dalam merawat gigi anak mereka, diantaranya adalah: 

  1. Kurangi konsumsi menu makanan atau minuman manis, berilah pengertian kepada buah hati agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau yang mengandung gula, karena hal ini hanya akan menyebabkan terbentuknya lubang gigi hingga caries.
  2. Biasakan buah hati untuk teratur dalam menyikat gigi, penting untuk rajin menggosok gigi, paling tidak adalah 2 kali sehari, diantaranya adalah pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur untuk mencegah terbentuknya lubang gigi karena pembusukan sisa-sisa makanan. Anda bisa memulainya dengan memberikan sikat gigi yang bentuknya lucu, juga pasta gigi dengan berbagai macam rasa, sesuai dengan selera mereka. Untuk meningkatkan keinginan mereka menggosok gigi.
  3. Batasi mengkonsumsi minuman dengan menggunakan botol, biasakan anak untuk mengkonsumsi air langsung dari gelas, karena botol ini juga memiliki efek samping yang kurang bagus bagi kesehatan gigi, karena memungkinkan pertumbuhan gigi pada anak terhambat, kebanyakan konsumsi minuman dari botol, khususnya yang mengandung gula juga kurang bagus, karena menyebabkan terjadinya lubang pada gigi atau caries.
  4. Tambahkan flourine pada air untuk sikat gigi, flourine ini sendiri adalah sebuah bahan yang memiliki banyak manfaat pada gigi, diantaranya adalah dapat mencegah terjadinya lubang pada gigi. Saat ini banyak sekali produk pasta gigi yang mengandung flourine, hanya saja terkadang masih kurang, sehingga bisa ditambahkan pada air untuk sikat gigi.
  5. Berikan buah-buahan untuk menu makanan penutup, diantaranya adalah buah yang mengandung banyak air, seperti diantaranya adalah apel dan juga pir, buah-buahan tersebut memiliki manfaat yang sangat bagus dalam membersihkan sisa-sisa makanan.

Terapkan 5 hal tersebut untuk mencegahkan gigi anak berlubang, mudah bukan, hanya saja terkadang butuh proses karena anak-anak tidak bisa disiplin dalam menerapkan hal tersebut, butuh bimbingan dari orang tua. Pastikan juga untuk rajin dalam membawa buah hati ke dokter gigi untuk membersihkan karang.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan