Catat Hal Penting Saat Sedang Memulai Proses Menyusui

Catat Hal Penting Saat Sedang Memulai Proses Menyusui

Menyusui merupakan salah satu momen yang sangat berharga bagi ibu dan bayi. Meskipun memberi ASI adalah proses yang alami, namun terkadang banyak ibu yang mengalami kesulitan. Hal itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tetapi jangan cemas, ada beberapa tips yang bisa membantu para ibu agar kegiatan ini akan menjadi lebih mudah dan nyaman. Berikut tips yang akan kami berikan.

Catat Hal Penting Saat Sedang Memulai Proses Menyusui

Beberapa Posisi Menyusui

Cara yang harus diperhatikan pada saat memberikan ASI pada bayi adalah dalam hal posisi. Menurut seorang konsultan menyusui, Debbie Pierce, menerangkan bahwa para ibu harus mencoba berbagai posisi agar terhindar dari masalah yang bisa terjadi pada payudara. Ada beberapa posisi yang bisa Anda coba, yaitu bersandar, cradle hold atau menimang bayi, cross cradle hold, posisi berbaring miring, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa Anda coba dan yang terpenting adalah Anda harus memulainya dengan rasa nyaman. Sandarkan tubuh Anda pada tempat yang empuk seperti bantal atau sofa agar lebih nyaman.

Pahami Waktu Bayi untuk Menyusui

Tips berikutnya adalah perhatikan kapan bayi muai haus dan lapar. Biasanya untuk bayi yang baru lahir pada minggu pertama akan rutin menyusui setiap dua atau tiga jam sekali. Hal itu dapat terlihat saat bayi mulai merasa lapar, tandanya seperti gelisah atau menangis, gerakan bibir, serta gerakan meghisap. Usahakan untuk memberi ASI bergantian pada kedua payudara.

Biarkan bayi untuk memilih ASI pada payudara yang pertama, kemudian berikan waktu selama 15 atau 20 menit hingga payudara Anda terasa lebih lembut. Kemudian bantulah si kecil untuk bersendawa supaya mengeluarkan gas di perutnya. Kemudian tawarkan ASI pada sisi payudara yang satunya, jika bayi masih lapar maka dia akan mulai menyusu lagi. Namun, bila tidak jangan paksa bayi untuk menyusu lagi, yang terpenting adalah perhatikan kenyamanan bayi Anda.

Baca Juga : Catat Hal Penting Saat Sedang Memulai Proses Menyusui

Memompa ASI Secara Rutin

Semakin sering Anda menyusui, maka ASI akan terus keluar secara alami. Bahkan ada saat dimana ibu harus mulai mengeluarkan ASI dengan memompanya agar keluar. Sebab jika tidak akan berdampak buruk pada payudara Anda. Tak jarang ditemui banyak ibu yang merasakan sakit pada payudaranya akibat ASI yang terus dibiarkan sehingga menjadi penuh dan keras. Anda dapat meringankan gejala tersebut dengan memompa ASI atau memijat payudara Anda agar dapat menahan suplai yang tidak terlalu banyak untuk si kecil.

Perhatikan Pola Makan

Yang perlu dicatat adalah apa yang dimakan oleh ibu akan tersalurkan ke bayi melalui ASI, sehingga para ibu menyusui harus terus menjaga asupan makanan yang masuk. Apabila makanan tersebut mengandung gizi yang baik maka kebutuhan nutrisi pada bayi akan terpenuhi.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan