Ciri Ciri Awal Kehamilan yang Sering Tidak Diketahui!

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa hal-hal seperti mengatasi mual saat hamil, muntah, dan telat datang bulan merupakan ciri-ciri awal kehamilan yang paling umum. Hal ini terjadi karena setelah setelah sel telur telah dibuahi, tubuh akan mulai mengalami berbagai perubahan untuk menyesuaikan diri. Tetapi ada banyak loh ciri-ciri awal kehamilan lainnya yang bisa jadi penanda. Contohnya saja adalah jika merasakan payudara nyeri dan membengkak, itu merupakan perubahan hormon pada awal kehamilan. Tanda umum lainnya adalah kerap buang air kecil yang lebih sering daripada sebelumnya. Merasa lelah juga menduduki peringkat tertinggi dari gejala awal kehamilan yang umum diketahui. Hal ini karena tingkat hormon progesteron melambung. Namun ada loh ciri-ciri yang mungkin Anda tak sadar bahwa itu berhubungan dengan kehamilan. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

  1. Kram perut

Jika kamu mengalami kram perut yang lebih sering, bisa jadi itu adalah ciri ciri awal kehamilan. Namun ciri-ciri ini sering kali membingungkan para wanita, karena hampir sama dengan gejala PMS.

  1. Perubahan mood

Emosional dan cengeng merupakan salah satu ciri awal kehamilan. Hal ini terjadi karena meluapnya jumlah hormon dalam tubuh di awal masa kehamilan. Perubahan mood merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.

  1. Pendarahan vagina

Ciri kehamilan yang selanjutnya adalah adalanya pendarahan pada vagina. Kadang, kamu akan menemukan nada bercak atau perdarahan dari saat sel telur yang dibuahi menempul pada dinding vagina. Hal ini dikenal sebagai perdarahan implantasi. Biasanya terjadi sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Bedanya dengan menstruasi adalah perdarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

  1. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh menjadi tinggi ketika pagi hari merupakan petunjuk awal dari kehamilan. Hal ini terjadi karena sudah terjadi ovulasi dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya. Saat proses tersebut, setelah dua minggu berjalan, suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa seseorang tengah hamil.

Sebenarnya, tidak ada jaminan pasti bila kamu mengalami empat kondisi di atas maka kamu sudah pasti hamil. Langkah untuk memastikan kehamilan yang benar adalah dengan periksa menggunakan tespeck.

Bila kamu benar hamil, mual saat hamil juga tidak bisa terus dibiarkan bila sangat menggangu. Karena muntah akan mengurangi cairan dalam tubuh dan itu bisa membahayakan janin. Anda bisa menangani mual secara mandiri dengan perubahan pola makan dan kebiasaan seperti berikut: Makanlah sepotong roti atau biskuit di pagi hari dan bangunlah secara perlahan dari tempat tidur untuk mengurangi rasa mual di pagi hari. Kamu juga harus istirahat dengan cukup karena kelelahan dapat menyebabkan mual. Jangan makan dalam porsi terlalu besar, usahakan sedikit tetapi sering. Selain itu, kurangi makanan dan minuman yang dingin, karena makanan yang dingin bisa membuat mual. Jangan pula sering sering mengetatkan ikat pinggang atau memakai pakaian yang ketat di pinggang. Jika merasa mual ketika memasak, cobalah minta bantuan orang lain. Hal ini berlaku juga dengan menyapu, mengepel, dan menyuci.

Demikianlah beberapa ciri awal kehamilan dan beberapa cara mengatasi mual atau hal-hal yang terjadi di awal kehamilan. Bila kamu ingin tahu lebih lanjut lagi, kamu bisa klik tautan di bawah ini!

https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-begini-7-langkah-atasi-mual-di-trimester-awal-36916

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan