Faktor Penyebab Berubahnya Warna Mata Bayi

Faktor Penyebab Berubahnya Warna Mata Bayi

Perlu Anda ketahui, jika warna mata bayi mampu berubah akibat beberapa faktor. Sebagai contoh, bayi Kaukasia adalah bayi yang dilahirkan dengan mata berwarna biru. Namun, seiring bertambahnya usia, warna mata bayi tersebut pun berubah.

Faktor Penyebab Berubahnya Warna Mata Bayi

Mengetahui Tentang Warna Mata

Tentunya Anda pernah belajar biologi, bukan? Susunan anatomi mata, terutama iris merupakan bagian mata yang mampu menentukan warna mata manusia. Adapun pada mata, iris adalah membran berbentuk cincin yang mengelilingi pupil. Fungsinya yaitu untuk mengatur atau mengontrol banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata dan juga menyesuaikan bukaan pupil.

Saat cahaya terang, iris pada mata akan cenderung menutup atau menyempit. Sedangkan, pupil akan otomatis terbuka lebih kecil guna membatasi jumlah cahaya yang menyerang mata Anda. Selain itu, warna iris juga bergantung pada jumlah melanin yang terdapat pada mata. Biasanya, orang yang memiliki warna mata gelap cenderung lebih banyak menyerap cahaya dibandingkan yang berwarna cerah, namun warna cerah mampu memantulkan lebih banyak cahaya.

Faktor Penyebab Warna Mata Bayi Berubah

Berdasarkan hasil riset, warna mata bayi memang dapat berubah karena permainan konsep gen dan juga produksi pigmen saat usia bayi semakin bertambah. Biasanya 10 – 15 persen bayi Kaukasia mengalami hal tersebut. Adapun penyebab atau faktor berubahnya mata pada bayi antara lain.

  • Faktor Gen

Warna mata bayi biasanya tercipta akibat gen yang diwariskan oleh kedua orangtuanya. Menurut para ahli, ada sekitar 15 gen yang bertugas untuk menjaga warna mata pada bayi. OCA2 dan juga HERC2 merupakan dua gen yang sangat dominan dalam hal tersebut. Gen HERC2 cenderung membuat mata si kecil yang mulanya berwarna biru tetap akan biru. Sedangkan, bayi yang memiliki gen OCA2 memiliki mata berwarna hijau ataupun cokelat.

Perlu Anda ketahui, jika bayi sudah memiliki gen bawaan sendiri saat mereka dilahirkan. Namun, kondisi fisiknya saat itu belum mampu bereaksi terhadap semua gen di dalam DNA nya tersebut. Sehingga, mata bayi dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Faktor Melanin

Selanjutnya, faktor mata bayi dapat berubah adalah akibat jumlah melanin. Melanin merupakan suatu jenis protein. Fungsinya adalah untuk membentuk warna pada mata, kulit, dan juga rambut. Jika jumlah melanin semakin banyak, maka warna rambut, mata, dan juga kulit akan semakin gelap. Umumnya, bayi yang bermata cokelat memiliki iris berpigmen tinggi. Sedangkan bayi Kaukasia atau pun bayi bermata hijau memiliki iris dalam jumlah sedikit.

Warna mata yang terang seperti biru atau lainnya, mampu membuat warna mata bayi berubah. Hal ini disebabkan mata akan terus menerus menghasilkan pigmen. Tidak semua bayi yang dilahirkan memiliki warna mata yang sama, ada beragam warna mata yang bisa Anda jumpai.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan