Hindari Terlalu Sering USG Kandungan Karena Dapat Berakibat Fatal, Ini Dia Ulasan Lengkapnya!

Hindari Terlalu Sering USG Kandungan Karena Dapat Berakibat Fatal, Ini Dia Ulasan Lengkapnya!

Masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat menyenangkan bagi pasangan suami istri yang mana semua orang tentunya ingin buah hati atau janin yang ada di dalam kandungannya selalu dalam kondisi yang baik-baik saja dan terhindarkan dari hal-hal yang mampu membahayakan janin. Banyak para ibu hamil yang melakukan USG guna mengetahui kondisi janin. Anda tidak dilarang untuk melakukannya namun tahukah Anda? Terlalu sering melakukannya juga dapat berakibat buruk bagi sang anak.

Hindari Terlalu Sering USG Kandungan Karena Dapat Berakibat Fatal, Ini Dia Ulasan Lengkapnya!

Sedangkan untuk melakukan tindakan ini pun dapat dilakukan setelah usia kandungan berada pada minggu ke 6, sehingga pada usia tersebut sudah dapat ditentukan usia kehamilan dengan cara melihatnya secara langsung pada ukuran tubuh fetus dan untuk hasilnya pun juga lebih tepat jika dibandingkan dengan perhitungan HPHT atau hari pertama haid terakhir yang mana hal ini sering kali mengalami kekeliruan dalam menghitungnya.

Melakukan USG ini pun juga mampu memberikan banyak manfaat bagi para ibu hamil dan janinnya, sehingga wajar saja bila para ibu hamil rela mengeluarkan banyak uangnya demi mengetahui kondisi buah hatinya dengan baik sekaligus dapat menjaga kesehatan tubuh bayi Anda dengan sebaik mungkin. Untuk mengetahui manfaat dari melakukan tindakan ini, maka Anda dapat melihatnya pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini:

  • Mengamati pertumbuhan dan juga perkembangan janin.

Dengan melakukan tindakan ini, maka para orang tua pun dapat mengamati pertumbuhan serta perkembangan janin dengan sebaik mungkin, hal ini pun juga memastikan bahwa tidak ada hal-hal buruk yang terjadi pada janin.

  • Mengetahui jumlah janin.

Melakukan tindakan ini juga akan memastikan pihak dokter juga sang ibu hamil perihal jumlah janin yang dikandungnya, apakah tunggal maupun kembar. Sehingga hal ini pun akan membantu sang ibu untuk bisa memperhatikan masa kehamilannya dengan baik.

  • Mengetahui jenis kelamin.

Dengan melakukan tindakan ini, maka para orang tua pun juga sudah mengetahui jenis kelamin dari janin yang dikandung oleh sang ibu hamil, sehingga saat menjelang hari kelahiran, maka para orang tua dapat untuk mempersiapkan perlengkapan persalinan sesuai dengan jenis kelamin sang janin nantinya.

Prinsip kerja ultrasonografi atau USG yaitu dengan menggunakan gelombang suara dan dipancarkan pada seluruh daerah rahim serta dipantulkan kembali pada media penerima agar dapat ditampilkan ke layar komputer dan sesuai dengan bentuk asli dalam rahim sang ibu. Cara yang dilakukan ini pun juga cukuplah sederhana. Sedangkan untuk melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan juga sangat dianjurkan minimal melakukannya 3 kali selama masa kehamilan, dan untuk masing-masing satu kali dalam trimester pertama, pada trimester kedua, dan pada trimester ketiga. Asalkan Anda tidak terlalu sering melakukan pemeriksaannya, maka hal ini pun juga tidak akan membahayakan janin dalam kandungan Anda.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan