Ini Dia Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan IQ Anak

Ini Dia Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan IQ Anak

Memiliki anak yang berprestasi tentu menjadi dambaan banyak orang tua. Berbagai cara bisa dilakukan untuk bisa mewujudkannya. Mulai dari memberikan pola pendidikan dengan tepat dan yang tidak kalah pentingnya adalah asupan makanan yang bergizi. Memang banyak yang berpendapat bahwa kecerdasan seorang anak bisa didapatkan karena faktor genetik, namun gizi pada makanan juga turut berperan penting. Zat gizi sangat diperlukan untuk tumbuh kembang otak sehingga IQ anak bisa meningkat.

 Ini Dia Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan IQ Anak

Memberikan makanan bergizi untuk merangsang perkembangan otak anak bisa dilakukan sewaktu anak masih di dalam kandungan. Karena pada saat inilah otak anak mulai dalam masa perkembangan. Makanan yang bergizi banyak kita temukan pada berbagai jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maupun hewani. Namun yang jenis makanan seperti apakah yang bagus untuk perkembangan otak anak?. Berikut ini beberapa yang bisa Anda ketahui:

  • DHA.

DHA atau Docosahexaenoic Acid merupakan salah satu turunan dari asam lemak Omega 3 dan termasuk komponen utama yang baik untuk pembentukan otak. DHA sangat berperan untuk pembentukan jaringan saraf, perkembangan koginitif, sensori, dan sistem motorik saat pertumbuhan otak. DHA bisa ditemukan pada bahan makanan dari ikan yang mengandung lemak, seperti salmon, ikan kembung, sarden, dlsb.

  • LA dan ALA.

LA sering disebut juga dengan Omega 6 baik untuk perkembangan IQ anak karena memiliki berfungsi membantu tubuh membentuk asam amino sebagai pengantar saraf dalam otak. Sedangkan ALA sering disebut juga dengan Omega 3 dimana berfungsi mencegah rusaknya membran sel dalam otak. LA bisa ditemukan dalam minyak nabati, sedangkan ALA biasa terdapat pada minyak ikan, minyak biji-bijian, dlsb.

  • Zat besi.

Zat besi sangat diperlukan untuk meningkatkan daya konsentrasi anak. Kekurangan zat besi untuk otak di masa pertumbuhan bisa berdampak negatif terhadap fungsi sistem pengantar saraf. Berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi bisa ditemukan pada daging ayam, sapi, kacang-kacangan, telur, dan sayuran hijau.

  • Kolin.

Kolin atau lesitin berperan penting untuk meningkatkan memori otak dan pembentukan membran sel pada sistem saraf. Kolin bisa ditemukan pada bahan makanan, seperti susu, telur, kacang kedelai, hati, kol, kembang kol, kacang tanah, dlsb.

  • Seng.

Seng sangat diperlukan untuk otak dalam hal memelihara daya ingat. Jenis makanan yang mengandung seng bisa ditemukan pada daging, telur, hati, kerang, serelia, serta kacang-kacangan.

  • Yodium.

Yodium diperlukan oleh otak untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Yodium bisa ditemukan pada udang, kerang, dan beberapa jenis ikan tertentu.

  • Vitamin B6 dan B12.

Vitamin yang diperlukan untuk perkembangan IQ anak adalah B6 dan B12. B6 diperlukan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan memproses informasi. Sedangkan vitamin B12 diperlukan untuk menjaga serat saraf otak dan kadar homocysteine di dalam darah tetap sehat. Vitamin B6 dan B12 bisa ditemukan dalam telur, ikan tuna, daging sapi, ikan, hati, dan kerang.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan