Ini Manfaat Membuat Mainan Sendiri untuk Balita

Ayah dan Bunda pasti sangat senang melihat sekaligus mendampingi putra-putrinya bermain. Melihat wajah-wajah yang bahagia dan semringah seolah tanpa beban. Bermain memang adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan sekaligus penuh pembelajaran yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Lewat bermain, anak bisa belajar banyak hal, mulai memiliki pengalaman baru, pengembangan imajinasi, dan bersosialisasi. Bermain tetapi tidak harus selalu dengan teman sebaya. Ayah dan Bunda bisa turut mendampingi sekaligus ikut bermain. Nah, pernah kah Ayah dan Bunda berpikir untuk mengajak anak – anak membuat membuat mainan sendiri untuk balita? Misalnya Ayah dan Bunda bisa mengajarkan membuat mainan kekinian, squishy. Cara bikin squishy yang tidak terlalu rumit, namun dengan hasil yang lucu, tentu akan sangat menyenangkan untuk aktivitas bermain sekaligus belajar untuk si kecil.

Untuk cara membuat squishy, Ayah dan Bunda bisa baca selengkapnya di sini.

Membuat mainan sendiri untuk balita ini ternyata banyak manfaatnya lho! Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil.

Hemat

Tidak bisa dipungkiri bahwa mainan anak tentu memiliki budget yang tidak sedikit. Ditambah anak kecil cenderung mudah bosan. Sehingga mau tidak mau, Ayah dan Bunda pun terus menerus membelikan mainan baru dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Nah, salah satu cara paling jitu dalam memangkas budget pengeluaran beli mainan ini adalah dengan membuat sendiri mainannya.

Membuat mainan sendiri ini Ayah dan Bunda bisa mengajak serta putra – putrinya. Sesuaikan jenis permainan dengan usia anak – anak Anda. Ayah dan Bunda pun bisa memanfaatkan barang barang yang ada di rumah. Bisa dengan barang bekas yang sudah tidak terpakai, atau bisa juga memperbarui tampilan mainan yang lama, misalnya di cat ulang. Dengan demikian, bisa dipastikan pengeluaran Ayah dan Bunda pun menjadi lebih hemat.

Meningkatkan ikatan emosional orangtua anak

Interaksi kita dengan buah hati mungkin terkesan suatu hal yang biasa saja seperti halnya aktivitas sehari – hari. Namun sesungguhnya, jika Ayah dan Bunda sering berinteraksi dan mengajak bermain bersama, hal tersebut akan meningkatkan bonding atau ikatan emosional antara orang tua dengan anak.

Aktivitas bermain sambil belajar ini akan terekam di memori si kecil dan berperan terhadap tumbuh kembangnya. Karena kehangatan dan pengalaman yang disatakan itu lah, maka anak – anak pun tumbuh dengan rasa kasih sayang dan selalu menganggap pula bahwa keluarga itu sangat penting.

Melatih motorik

Manfaat yang paling terasa dalam membuat mainannya sendiri adalah, kemampuan motorik anak – anak pun semakin meningkat, terutama dalam hal motorik halus. Anak – anak yang dilibatkan dalam pembuatan mainannya sendiri tentu akan mengembangkan kemampuan dua tangannya dalam memegang dan meraba benda benda yang digunakan selama pembuatan mainan tersebut. Hal ini merangsang sensor perabanya dan membuat tangan semakin terampil.

Merangsang kecerdasan

Terakhir, dengan membuat sendiri mainannya akan membuat anak semakin cerdas. Hal ini dikarenakan ketika membuat sendiri mainannya akan merangsang otak anak berpikir lebih kreatif. Anak – anak akan mengeksplorasi benda di sekitarnya, mana lagi yang bisa digunakan untuk menjadi mainan atau pelengkap dan penghias mainan. Selain itu juga akan melatih konsentrasi anak. Bagaimana menyelesaikan suatu permainan dan membuatnya menjadi bisa digunakan. Proses ini sangat baik karena anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tekun dan tidak mudah menyerah.

Nah, bagaimana? Ternyata banyak sekali ya manfaat dalam membuat mainan anak sendiri dengan melibatkan anak – anak. Semoga terinspirasi!

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan