Inilah 4 Manfaat dari Menggendong Bayi yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Inilah 4 Manfaat dari Menggendong Bayi yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tak banyak yang tahu jika aktifitas menggendong bayi mampu memberikan sensasi nyaman pada bayi karena sensasinya sama persis ketika si kecil masih di dalam kandungan. Yakni sempit, hangat, dan juga nyaman maka rutin menggendong buah hati mampu memberikan segunung manfaat bagi si anak maupun ibu. Aktifitas ini simpel dan dijamin setiap orangtua dan setiap orang dewasa memiliki naluri untuk menggendong anak kecil, baik yang masih bayi maupun yang sudah pandai berlari kesana-kemari.

Inilah 4 Manfaat dari Menggendong Bayi yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Melirik Manfaat Menggendong Si Kecil

Rupanya menggendong buah hati Anda baik dengan tangan kosong maupun memakai gendongan mendatangkan beragam manfaat baik berikut ini:

  • Membuat si kecil lebih bahagia,

Si kecil di dalam gendongan biasanya akan merasa tenang dan nyaman sehingga memperkecil resiko mengalami tantrum atau rewel. Jadi dengan menggendong buah hati Anda bisa membantu membuatnya bahagia dan tidak membuat Anda pusing. Ditambah lagi ketika digendong maka si kecil biasanya lebih cepat terlelap, menjadi cara ampuh untuk mencegahnya begadang terlalu malam atau bangun terlalu dini.

  • Membantu si kecil tumbuh sehat,

Kontak fisik antara anak dengan orangtuanya ketika digendong ternyata baik untuk kesehatan anak itu sendiri. Sebab ketika menggendong bayi maka si kecil akan belajar untuk bernafas dengan baik dan membantu tubuhnya lebih mudah beradaptasi dengan suhu di sekitarnya. Kondisi ini memungkinkan si kecil nyaman ketika dilepas dari gendongan, misal ditaruh ke ayunan sehingga tetap tidur pulas dan ceria ketika terbangun dari tidurnya. Kenyamanan ini bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

  • Meningkatkan rasa percaya diri anak,

Rupanya dengan menggendong si kecil efektif untuk meningkatkan kepercayaan dirinya mengungkapkan apa yang diinginkan dan dirasakan. Rasa nyaman dan kontak fisik yang terjalin antara ibu dan si kecil ini bisa membuatnya nyaman sehingga bisa mencoba mengungkapkan keinginannya tanpa harus menangis kencang. Anak yang sering digendong terbukti tidak mudah menangis karena bisa langsung menyampaikan apa yang dirasakan dan diinginkan. Namun supaya tidak pegal dan anak manja sesekali tetap diturunkan atau digendong orang lain, bisa keluarga sendiri bahkan tetangga.

  • Membangun kedekatan Anda dan si kecil,

Membangun kedekatan dengan anak sejak bayi ternyata cukup mudah dan simpel yakni dengan menggendongnya. Ketika menggendong si kecil maka interaksi keduanya bukan sekedar fisik saja sebab si kecil bisa merasakan sentuhan Anda, kasih sayang, mendengar suara, bahkan merasakan detak jantung Anda. Kondisi ini membuat si kecil merasakan kasih sayang yang memang Anda berikan kepadanya tanpa harus diungkapkan dengan kata-kata dan hadiah mahal. Anak yang dekat dengan orangtuanya cenderung tumbuh sehat dan menjadi anak yang baik, maka jangan abaikan manfaat menggendong bayi ini.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan