Jangan Biarkan Kuantitas Tidur Bayi Anda Berkurang: Khawatirkan Dampak Buruk ini

Demi mendukung perkembangan mental dan fisik, mulai dari bayi, batita, balita, anak-anak, dan remaja memerlukan waktu untuk beristirahat atau tidur yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Bisa dikatakan bahwa tidur adalah kegiatan yang sama dengan makan dan minum serta bermain bagi seorang bayi dan anak-anak. Tidur bayi dibutuhkan untuk ia beristirahat, menyegarkan diri dan mendapatkan energi baru. Pada keadaan tidur, maka otak akan menyaring dan menyimpan beragam informasi baru yang ia peroleh sekaligus melakukan pergantian bahan kimia di dalam tubuh.

Pahami Kuantitas Tidur Buah Hati Anda

Sebagai orang dewasa, Anda harus memahami kebutuhan tidur bagi sang buah hati. Tidur bayi diharuskan berkualitas, dan nyenyak serta membutuhkan durasi tertentu. Usia yang mereka memiliki membawa kuantitas tidur yang beragam yaitu:

  • Bayi usia 0-3 bulan memiliki kuantitas tidur 14-17 jam per hari.
  • Bayi usia  4-11 bulan memiliki lama waktu tidur 12-15 jam per hari.
  • Batita usia 1-2 tahun bisa tidur 10-13 jam per hari.
  • Balita 3-5 tahun memiliki kapasitas tidur 10-13 jam per hari.

Waspadai Dampak Jika Buah Hati Kurang Tidur

Apabila kapasitas tidur bayi berkurang, kebanyakan mereka akan merespon dengan menangis. Bayi berusia 1 tahun akan memiliki kemampuan konsentrasi yang pendek dan akan berdampak pada perilakunya saat berusia 3 sampai 4 tahun. Penelitian juga menyebutkan kekurangan tidur pada usia balita dapat berakibat buruk terutama pada pertumbuhan dan kekebalan tubuh anak. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa berdampak pada mereka yakni akan membuat sikap mereka menjadi lebih impulsif, mudah marah, hingga rasa frustasi berujung kecemasan.

Pentingnya Tidur

Dari uraian dampak yang mungkin terjadi di atas, dapat disimpulkan bahwa tidur bayi dan anak-anak berperan penting. Bukan hanya pada pertumbuhan fisik tetapi juga dari segi kognitif anak. Dengan tidur maka kemampuan anak dalam berfikir dan memahami serta mengolah informasi bisa berkembang. Mereka juga akan mudah dalam belajar berbahasa. baca juga Banyak Faktor Mengapa Bayi Bicara Terlambat yang Harus Anda Pahami

Tips Tidur Berkualitas dan Berkuantitas

Anda bisa menerapkan beberapa cara ini untuk membantu meningkatkan tidur bayi dan anak-anak agar nyenyak, lelap, dan sesuai dengan kuantitas di usianya. Berikut tipsnya:

  1. Untuk bayi di bawah 1 tahun, Anda bisa mulai menidurkannya pukul 18.30 hingga 19.00.
  2. Mandikan buah hati dengan air hangat dan relaksasi dari sentuhan kasih sayang orang tua.
  3. Pilihlah pakaian yang terbuat dari serat alami contohnya katun. Kain katun bisa membuat anak lebih nyaman dan terhindar dari iritasi yang mengganggu tidurnya.
  4. Lakukan pemijatan selama 15 menit agar ia bisa tidur pulas.
  5. Membedong bayi akan membuatnya tidur dengan hangat dan nyenyak.
  6. Memberikan ASI sebelum sang buah hati terbangun.
  7. Berilah banyak minyak yang memberikan rasa rileks seperti dengan minyak lavender.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan