Jangan Lupa Konsumsi Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Lebih Fit

Sebelum menikah atau pada masa remaja, sebenarnya menjaga pola makan yang seimbang dan juga pola hidup yang sehat adalah suatu keharusan. Kenapa nutrisi pada wanita sangat penting? Hal terseut karena wanita akan mengalami proses kehamilan, di mana jika gizi selama sebelum kehamilan buruk, kondisi gizi wanita hamil juga tidak baik dan itu jelas akan mempengaruhi kondisi janin. Hal tersebuat akan terjadi sampai masa menyusui jika wanita tidak pintar-pintar dalam menjaga pola makana yang sehat dan seimbang. Ketika menyusui, cara menyusui juga harus diperhatikan, karena hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kenyamanan bayi ketika menyusu dan seberapa banyak ASI yang akan dikonsumsi.

Berikut tips cara menyusui bayi yang harus ibu ketahui :

  1. Pelajari Mulai dari Sebelum Melahirkan

Beberapa NGO (Non Government Organization) biasanya akan memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan bidan dan ahli gizi dalam hal breast feeding. Kenapa sampai hal tersebut sampai pelu dilakukan? Karena kebanyak ibu masih salah ketika menyusui baik cara maupun posisinya, hal tersebut tidak hanya berpengaruh pada bayi, namun juga ibu seperti puting lecet dan lainnya.

Bagi ibu hamil, sebaiknya juga harus belajar cara menyusui terlebih dahulu menggunakan boneka agar nanti tidak terlalu kagok ketika menyusui bayinya.

  1. Posisi Pelukan Ayunan

Untuk posisi ibu ketika menyusui adalah duduk di kursi goyang, sofa, atau kursi berlengan dengan bantuan bantal yang menopang punggung dan kepala ibu. Untuk memangku bayi, letakkan bantal di pangkuan ibu dan tambahan satu bantal lagi untuk menopang kepala bayi.

Untuk posisi bayi sebaiknya tubuh bayi menghadap pada ibu dan juga perut ibu. Agar bayi bisa menyusu dengan nyaman, maka posisi kepala dan leher sebaiknya lurus dan tidak mendongak agar nanti bayi juga tidak tersedak.

  1. Teknik Menyusui

Lembabkan puting dengan mengoleskan ASI terlebih dahulu kemudian ibu bisa menopang payudara dengan menggunakan telapak tangan dan jari-jari bawah. Saat bayi menyusu, sebaiknya ujung hidung bayi menyentuh payudara dan usahakan agar hidung tidak tertutupi payudara yang mengakibatkan susah bernapas. Biarkan bayi menyusu sampai kenyang dengan tanda bayi akan melepaskan sendiri mulunya dari puting ibu.

Untuk daya tahan tetap fit, ibu menyusui juga bisa menambahkan konsumsi vitamin agar badannya tetap bugar. Berikut vitamin untuk ibu menyusui :

  1. Vege Blend 21 Vegetable Extract For Adult

Kebutuhan vitamin dan mineral biasanya banyak didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Jika ibu kurang mengonsumsi sumber makanan tersebut, ibu menyusui bisa memenuhinya dengan mengonsumsi multivitamin dari 21 jenis ekstrak sayuran. Multivitamin ini juga berguna untuk mencegah sembelit serta meningkatkan nafsu makan. Harga produk ini adalah Rp165.000, kamu bisa dapatkan di toko online.

  1. Blackmores Multivitamin + Mineral

Blackmores juga mengeluarkan produk vitamin untuk ibu hamil dan menyusui dimana mengandung asam DHA dan minyak ikan yang bagus untuk pertumbuhan janin. produk blackmores multivitamin dan mineral ini mengandung vitamin B komplek yang akan meningkatkan stamina.  Produk ini juga mengandung zinc dan juga vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan ibu menyusui agar tidak mudah sakit. Harga produk ini lumayan mahal yaitu Rp339.500

Berbagai model multivitamin juga bisa ibu konsumsi seperti Wellness Multivitamin Mineral Formula, Centrum Advance For Adult, dan lainnya. So, selain mengonsumsi makanan yang bergizi, ibu juga bisa melengkapinya dengan vitamin untuk ibu menyusui ya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan