Jangan Selalu Percaya pada Tanda-tanda Bayi Lapar karena Bisa Saja Beberapa Hal Ini!

Jangan Selalu Percaya pada Tanda-tanda Bayi Lapar karena Bisa Saja Beberapa Hal Ini!

Orang dewasa memang dapat menyampaikan segala sesuatu dengan lebih jelas, yakni dengan mengeluarkan kata-kata, perbuatan serta raut muka mereka dapat mengartikan hal yang jauh lebih banyak. Namun hal ini berbeda dengan anak bayi atau balita karena mereka tidak dapat berbicara mau pun melakukan sesuatu, maka Anda harus mempelajari berbagai hal yang ingin mereka sampaikan melalui gesture yang mereka lakukan. Biasanya ketika bayi laparmaka mereka akan mengeluarkan berbagai tanda-tanda yang mengisyaratkan hal tersebut. Setiap gesture yang mereka berikan pastinya selalu memiliki arti yang berbeda dan tidak akan pernah sama satu dengan lainnya. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua diharuskan untuk mengenali beberapa jenis tanda yang mengisyaratkan keinginan mereka. Namun jangan percaya sepenuhnya, karena sekarang ini balita mau pun bayi juga dapat menunjukkan tanda-tanda palsu, seperti lapar palsu misalnya. Berikut inilah beberapa tanda bahwa mereka sedang lapar palsu:

 Jangan Selalu Percaya pada Tanda-tanda Bayi Lapar karena Bisa Saja Beberapa Hal Ini!

  • Terburu-Buru

Tanda pertama yang menandakan bahwa mereka sedang tidak benar-benar lapar adalah ketika diberikan susu atau ASI, maka mereka akan meminumnya dengan sangat terburu-buru. Jika bayi melakukan hal tersebut, artinya mereka tidak lapar mau pun merasa haus, jadi jangan khawatir jika mereka minum dengan terburu-buru atau menunjukkan sesuatu yang tidak biasa. Mereka sedang menunjukkan lapar palsu mereka kepada sang ibu untuk lebih diperhatikan atau sekedar ingin bergurau saja.

  • Menyusu Lebih Lama

Jika sering menyusui, pastinya Anda sudah mengetahui waktu rata-rata yang biasanya mereka gunakan untuk menyusu. Namun jika bayi menyusu lebih dari waktu yang biasanya tersebut, maka bukan berarti bahwa bayi lapar, namun mereka hanya melakukan atau memberikan tanda lapar palsu saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika bayi merasa lapar dan juga haus sehingga terus menerus memberikannya susu atau ASI. Pastikan untuk mengetahui hal ini agar nantinya Anda tidak lelah untuk memberikan mereka susu. 

  • Ngempeng

Ketika memberikan ASI, biasanya mereka akan menghisap agar air tersebut keluar, namun jika mereka menghisap tetapi sengaja agar air susu tidak keluar, maka hal tersebut hanya berupa lapar palsu saja yang tentunya tidak perlu Anda khawatirkan. Tujuan utama mereka adalah mengempeng dan membuat mereka lebih cepat tidur. Oleh karena itu, Anda bisa membiarkannya sejenak hingga mereka tertidur pulas dan kemudian melepaskannya serta menaruhnya dalam posisi tidur yang benar. 

  • Gerakan Tubuh

Hal terakhir yang menunjukan bahwa bayi lapar palsu adalah jika mereka mengeluarkan beberapa gerakan tubuh yang tidak ada hubungannya dengan rasa lapar tersebut. Mereka biasanya akan menjulurkan lidahnya, mengecap mulut dan juga memasukkan tangan ke mulut. Namun hal tersebut bukanlah tanda yang tepat yang mengisyaratkan jikalau mereka benar-benar merasa lapar. Mungkin beberapa gerakan tersebut hanyalah gerakan refleks saja yang tidak disadari mereka lakukan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan