Jangan Sepelekan 4 Penyebab Berbahaya Mata Bayi yang Sering Dikucek Ini!

Jangan Sepelekan 4 Penyebab Berbahaya Mata Bayi yang Sering Dikucek Ini!

Berbicara mengenai pertumbuhan bayi memang tidak ada habisnya, banyak sekali informasi penting yang harus orang tua pahami. Salah satu yang penting adalah tanda-tanda bayi yang mengalami masalah pada fisik mereka, misalnya saja mata. Ya, banyak sekali orang tua yang menganggap bahwa mata bayi yang diucek dalam intensitas cepat itu normal. Padahal bisa jadi itu merupakan tanda yang diperlihatkan bayi jika ada sesuatu yang mengganggu penglihatannya tersebut. Pada artikel inilah akan dibahas apa saja yang menyebabkan masalah tersebut.

 Jangan Sepelekan 4 Penyebab Berbahaya Mata Bayi yang Sering Dikucek Ini!

Mata yang terkena debu, perih ataupun lainnya sering sekali dilakukan para orang dewasa dengan mengucek. Jika hal itu dilakukan sekali dua kali tentu bukan menjadi masalah yang besar, tetapi jika itu terus dilakukan pasti akan berdampak besar. Begitu pula yang dirasakan oleh para bayi yang merasakan gangguan pada mata mereka. Makanya orang tua harus mengenali apa saja penyebab mata pada anak yang terus dikucek, jangan sampai itu berbahaya. Berikut ini ada beberapa penyebab mata yang tidak nyaman pada anak, antara lain:

  • Mata kering.

Ini merupakan salah satu penyebab yang membuat bayi selalu mengucek mata secara terus-menerus. Mata yang kering akan memberikan kenyamanan yang berbeda pada bayi, untuk menghilangkan rasa itu mereka melakukan kucekan tersebut. Hal tersebut dilakukan karena untuk merangsang cairan keluar dan dapat mengembalikan lagi kelembaban pada mata.

  • Mengantuk.

Kemungkinan yang selanjutnya adalah posisi bayi yang sedang mengantuk, umumnya kucekan mata ditambahi dengan uapan. Seperti pada orang dewasa ketika mata bayi mengalami kelelahan dan harus tidur dia akan mengucek yang dapat menghilangkan sakit yang terjadi pada otot-otot.

  • Penasaran.

Bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan sering sekali melakukan eksperimen dengan menyentuh beberapa bagian tubuhnya. Ya, ini merupakan salah satu cara agar bayi dapat memahami bagaimana respon setiap anggota tubuh ketika disentuh ataupun lainnya. Rasa penasaran itu akan terjawab setelah bayi melakukan.

  • Benda asing masuk.

Ini merupakan penyebab yang paling berbahaya dari pada lainnya, sama seperti orang dewasa karena bayi akan merasakan ketidaknyamanan bahkan kesakitan. Bisa saja saat bermain tiba-tiba masuk debu, kerikil lembut ataupun benda asing lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang kemungkinan bisa menjadi penyebab bayi melakukan kucekan pada mata dalam waktu terus menerus. Ada penyebab biasa ada pula yang perlu penanganan khusus, makanya orang tua harus paham. Jangan sampai mata bayi yang bermasalah tidak dipahami oleh orang tua yang notabennya menemani setiap perkembangan sepanjang hari. Itulah sedikit informasi, semoga dapat memberikan tambahan ilmu untuk menjaga buah hati tumbuh dengan sehat dan maksimal tanpa halangan kesehatan yang berbahaya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan