Kenali 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Diare Berikut Ini!

Kenali 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Diare Berikut Ini!

Kasus bayi diare memang masih cukup tinggi sehingga orangtua yang memiliki bayi baiknya sudah melakukan antisipasi. Selain mencegah terjadinya diare pada buah hati baiknya juga memahami bagaimana merawat bayi yang mengalami masalah kesehatan satu ini. Diare atau yang sering pula disebut mencret ini adalah kondisi dimana kotoran bayi lebih encer dan aromanya lebih menyengat atau tidak sedap dari biasanya. Jika normalnya si kecil hanya buang air besar 1-2x dalam sehari maka saat diare bisa lebih sering.

Kenali 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Diare Berikut Ini!

Penyebab Diare Pada Bayi

Diare ini bisa dialami oleh semua usia, dan menjadi sangat berbahaya jika dialami oleh bayi karena daya tahan tubuhnya belum sempurna. Rupanya diare pada bayi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Terjadi infeksi yang disebabkan oleh parasit, kuman, bakteri, dan virus yang kemudian menyerang kekebalan tubuh bayi.
  • Bayi kekurangan gizi sehingga kekebalan alami tubuhnya mengalami penurunan sehingga mudah terserang infeksi.
  • Bayi tinggal di lingkungan tidak sehat sehingga resiko infeksi penyebab diare lebih tinggi.

Mengatasi Bayi yang Mengalami Diare

Penyebab dari bayi diare yang cukup banyak menuntut perhatian orangtua untuk memberi asupan nutrisi seimbang dan memperhatikan kebersihan sekitar. Namun jika si kecil sudah mengalami diare tak perlu risau, cobalah memberikan perawatan di bawah ini:

  1. Terus memberikan ASI atau asupan berbentuk cairan karena saat diare terjadi bayi mudah mengalami dehidrasi maka ASI dan cairan lain menjaga tubuhnya tetap terhidrasi.
  2. Hindari dulu makanan dan minuman yang rasanya manis sebab kandungan gula di dalamnya membuat cairan menumpuk di usus dan diare semakin parah.
  3. Ciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman agar si kecil bisa beristirahat dan segera pulih.\

Diare yang dialami si kecil memang baiknya tidak ditangani dengan memberikan obat diare di pasaran sebab bisa jadi malah menimbulkan efek samping berbahaya. Cobalah untuk memberikan penanganan secara alami yakni seperti yang disebutkan di atas untuk membantu pemulihan bayi dari diare tersebut. Berikan asupan yang bisa membantu menjadikan feces lebih padat misalnya buah pisang, nasi merah, dan lain sebagainya sehingga diare ini bisa cepat sembuh. Namun jika tak kunjung membaik maka segera periksakan ke dokter terdekat.

Pemberian obat diare baiknya sesuai resep dokter sehingga diberikan manakala cara alami mengatasi diare pada bayi ini belum membuahkan hasil. Jadi jangan sekali-kali menggunakan obat warung karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna. Salah-salah malah membuat diare semakin para dan kemudian mengundang lebih banyak masalah kesehatan. Meski diare lumrah dialami dan bisa sembuh dengan sendirinya bukan berarti disepelekan, apalagi jika terjadi pada bayi. Segera berikan penanganan terbaik saat bayi diare untuk mencegah komplikasi lebih serius.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan