Kenali dan Pahami Perkembangan Emosi Bayi Sesuai dengan Usia Berikut Ini!

Kenali dan Pahami Perkembangan Emosi Bayi Sesuai dengan Usia Berikut Ini

Emosi merupakan salah satu sikap yang dimiliki setiap orang, entah itu mempunyai tingkat yang rendah ataupun tinggi. Pada kenyataannya sikap tersebut tidak bisa terbentuk dari diri manusia saat dilahirkan, tetapi itu muncul dengan proses yang panjang dalam sebuah kehidupan. Nah, makanya penting sekali untuk menjaga emosi bayi dari lahir supaya tidak menjadi sebuah kebiasaan yang akan mempengaruhi masa depan anak. Untuk itu penting sekali mengetahui perkembangan emosi yang dialami oleh si kecil bagi orang tua.

Kenali dan Pahami Perkembangan Emosi Bayi Sesuai dengan Usia Berikut Ini 

Mungkin masih banyak sekali masyarakat yang belum paham seperti apa emosi terjadi pada anak-anak. Padahal semuanya itu muncul dari mulai 0 bulan sampai dengan 1 tahun dan berlanjut usia pra sekolah sampai dengan dewasa. Secara umum memang ada beberapa kategori perkembangan emosi dari mulai dini, sebagai berikut:

  • 0 hingga 3 bulan.

Pada usia ini jangan salah, karena bayi sudah mengenal bentuk emosi secara dasar seperti marah ataupun bahagia. Karena perkembangan fisik yang masih sangat terbatas, anak akan menunjukkan emosi tersebut ketika mereka membutuhkan apapun dalam tubuhnya. Misalnya saja ketika lapar, tidak nyaman, gatal ataupun yang lainnya hanya dapat menangis. Setelah itu, perkembangan akan terlihat dengan mengamati ataupun menyerap emosi dari orang yang ada disekitar.

  • 3 hingga 6 bulan.

Rentang usia ini akan memberikan perkembangan banyak sekali jenis emosi yang dilakukan oleh si kecil. Di usia inilah anak akan mulai mengenali wajah kemudian mengembangkan perasaan tersebut dalam bentuk kenyamanan ataupun aman. Nah, pada saat ini si kecil akan lebih memilih-milih siapa yang menjadi favoritnya. Setelah itu emosi bayi akan terus berkembang dengan usia lanjutannya.

  • 6 hingga 12 bulan.

Lalu pada saat usia semakin tambah tentunya pertumbuhan anak secara fisik dan kognitif juga akan semakin banyak. Proses pembelajarannya dimulai dari hubungan antara diri dan juga beberapa objek ataupun benda disekitarnya. Pada umur ini pulalah anak akan mulai berani meminta persetujuan ketika menginginkan sesuatu, misalnya saja seperti mainan.

  • Pra sekolah.

Berlanjut pada umur pra sekolah yang tentunya anak sudah mempunyai tingkat emosi yang cukup beragam. Apalagi sekelilingnya semakin banyak seperti bertemu teman, guru dan banyak lagi lainnya.

Beberapa tahapan diatas itulah yang perlu sekali untuk Anda perhatikan dalam perkembangan buah hati. Jadi orang tua juga sudah mampu untuk meminimalisir seperti apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga emosi buah hati. Karena sadar tidak sadar semakin besar emosi bayi semakin banyak juga pengaruhnya terhadap mood. Jadi sebagai orang tua harus bersiap diri untuk menghadapi mood anak yang semakin bertambah umur semakin membuat kesal. Pahami anak dan bentuk dengan bimbingan mengontrol emosi secara baik dan tepat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan