Kenali Dulu 4 Manfaat Vaksin HIB Agar Tak Lalai dalam Pemberiannya

Kenali Dulu 4 Manfaat Vaksin HIB Agar Tak Lalai dalam Pemberiannya

Setiap orangtua tentu mengetahui ada deretan daftar imunisasi yang harus diberikan pada buah hati sejak lahir, dan salah satunya adalah vaksin HIB. Vaksin ini membantu mencegah terjangkitnya penyakit HIB pada anak-anak dan sudah bisa diberikan ketika bayi berusia 2, 3, atau 6 bulan. Jika belum sempat maka pemberiannya bisa diberikan ketika anak sudah melewati usia 1 tahun, yakni saat menginjak usia 15-18 bulan. Imunisasi HIB ini sendiri termasuk imunisasi tambahan yang memang tidak bisa didapatkan secara gratis, dan sayangnya meski penting kesadaran orangtua untuk memberikan vaksin ini masih rendah.

Kenali Dulu 4 Manfaat Vaksin HIB Agar Tak Lalai dalam Pemberiannya

Manfaat Lebih Imunisasi HIB

Meski sifatnya tambahan namun ketika anak mengalami penyakit HIB resiko kematiannya ada dan terbilang tinggi. Maka jangan mengabaikan kebutuhan vaksin jenis ini, apalagi pemberiannya bisa menawarkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Efektif menurunkan resiko kematian pada anak,

Sebelum imunisasi HIB dikenal masyarakat dan dunia kesehatan angka kematian untuk bayi di usia bawah 6 bulan sangat tinggi. Rata-rata kematian ini disebabkan oleh serangan virus hemophyllus influenza type B atau HIB. Pemberian vaksin jenis HIB tentu bisa menurunkan resiko kematian akibat virus berbahaya ini.

  • Membantu mencegah penyakit miningitis,

Penyakit miningitis atau radang selaput otak merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan bisa mengancam siapa saja. Dimulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan juga orang dewasa yang memang masih sulit untuk disembuhkan. Sekali terkena penyakit ini maka biaya untuk berobat yang dikeluarkan akan sangat tinggi sehingga perlu dilakukan antisipasi. Salah satunya dengan mendapatkan vaksin HIB sebagai tindakan preventif terhadap penyakit miningitis ini, sebab semakin dini dilakukan pencegahan resiko terjangkit semakin tipis.

  • Menjadi booster bagi pertumbuhan buah hati,

Vaksinasi atau imunisasi dengan menyuntikan beberapa virus dan bakteri yang sudah dibekukan agar tubuh membentuk antibodi alami. Tentu bermanfaat bagi kesehatan anak-anak bahkan sampai mereka tumbuh dewasa. Salah satunya mencegah mereka terjangkit penyakit yang mematikan termasuk penyakit HIB yang berbahaya. Maka pemberian vaksinasi jenis HIB maupun jenis lainnya bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan buah hati agar senantiasa sehat dan juga optimal.

  • Sebagai pencegah infeksi pada tulang,

Jika seorang bayi sudah menderita meningitis maka akan banyak efek buruknya bagi kesehatan yakni semakin meluasnya efek dari penyakit tersebut. Seperti infeksi pada paru-paru, infeksi pada tulang, dan lain sebagainya yang tentu penanganannya tak hanya butuh biaya besar namun juga waktu yang lama. Maka jangan menunda pemberian imunisasi bagi anak sebab penting untuk mencegah berbagai infeksi terutama pada tulang agar pertumbuhan anak optimal. Jika biaya vaksin HIB di rumah sakit terasa mahal Anda bisa beralih ke puskesmas terdekat dengan biaya ratusan ribu saja.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan