Kenali Faktor yang Memicu Ibu Melahirkan Bayi Prematur

Kenali Faktor yang Memicu Ibu Melahirkan Bayi Prematur

Bayi prematur mengacu pada kelahiran bayi yang terjadi sebelum ibu mencapai akhir dari minggu ke-37 usia kehamilan. Ada berbagai tingkat prematuritas dan masing-masing membawa resiko sendiri. Bayi sangat prematur lahir sebelum minggu ke 26 dan dikenal sebagai prematur mikro. Semakin dini kelahiran bayi maka semakin tinggi pula resiko kesehatan yang terjadi. Lahir prematur didefinisikan berdasarkan berat, kurang dari 2,5kg rendah, kurang 1,5kg sangat rendah dan kurang 1kg rendah ekstrem.

Kenali Faktor yang Memicu Ibu Melahirkan Bayi Prematur 

Berikut adalah beberapa faktor yang memicu ibu dapat lahirkan bayi secara prematur diantaranya:

  • Usia saat hamil, wanita berusia dibawah 16 tahun dan mereka yang berusia lebih dari 35 tahun saat hamil memiliki peningkatan 2 hingga 4 persen dari kelahiran secara prematur dibandingkan wanita yang berada di rentang usia 21-24 tahun saat hamil.
  • Jarak antar kehamilan, jarak hanya enam sampai sembilan bulan antara satu bayi dengan awal kehamilan berikutnya dapat beresiko kelahiran prematur dan waktu optimal antara kehamilan adalah 18 bulan dengan kemungkinan lebih tinggi akan memiliki kehamilan yang sehat.
  • Riwayat kelahiran prematur, wanita yang melahirkan prematur pada tingkat peluang 30 hingga 50 persen mengalami kelahiran prematur.
  • Kehamilan kembar, diperkirakan 50 persen lahir prematur dan hampir semua kejadian kembar kelipatan yang lebih tinggi lahir prematur.

Selain diatas, infeksi dan peradangan terkait adalah inisiator penting dari jalur kelahiran prematur. 25% kasus bayi prematur terjadi pada ibu yang memiliki kolonisasi bakteri rahim. Jika ibu memiliki kondisi kronis di idap ibu maka dapat meningkatkan ibu lahirkan bayi secara prematur. Hal ini juga terjadi pada wanita yang memiliki leher rahim pendek setelah menjalani operasi rahim terutama biopsi kerucut atau produser LEEP. 

Berikut adalah beberapa hal penting tentang lahir prematur diantaranya:

  • Fakta mengenai bayi lahir prematur, menurut data statistik WHO tahun 2013 kurang lebih 1,5 juta bayi terlahir prematur setiap tahun di dunia. Indonesia berada dalam urutan ke 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi lahir prematur di dunia,
  • Karakteristik bayi lahir prematur, ukuran lebih kecil dengan berat badan dibawah 2,5kg, kulit tipis dan rapuh, banyak lanugo di tubuh, suhu lebih rendah, memiliki masalah pernafasan dan kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan.
  • Penyebab lain terjadinya kelahiran prematur adalah ibu yang merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang dan faktor psikologis seperti stress yang dialami ibu hamil.

Masalah utama yang dialami oleh bayi prematur adalah masalah pernafasan dimana paru-paru bayi belum berfungsi dengan baik dan umumnya bayi dibantu dengan alat setelah lahir. Harapan hidup bayi adalah 10-20% dan ada juga bayi ini dengan luar biasa dapat bertahan hidup dan tumbuh menjadi bayi yang sehat. Untuk membuat bayi ini sehat dapat menerapkan metode kangaroo mother care.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan