Kenali Gejala Bayi Muntah Normal atau Tidak Normal

Kenali Gejala Bayi Muntah Normal atau Tidak Normal

Setiap bayi mungkin ada yang pernah mengalami muntah. Ada yang hanya sekali saja dan ada pula yang mengalaminya berkali-kali. Namun, jangan khawatir untuk para ibu jika menemukan bayinya muntah pada saat makan atau setelah makan. Hal itu sangat wajar, namun para ibu juga harus tetap siaga apabila menemukan kondisi seperti ini. Bayi muntah umumnya sangat wajar dialami karena merupakan reaksi yang tergolong masih normal.

Kenali Gejala Bayi Muntah Normal atau Tidak Normal

Mengenal Gejala Muntah Normal

Bayi muntah merupakan hal yang sangat umum ditemui karena di usia pada bayi yang baru lahir pasti akan mulai menyesuaikan diri pada makanannya. Sehingga terdapat reaksi muntah yang biasa disebut dengan gumoh. Umumnya bayi akan gumoh pada saat setelah minum ASI.

Setelah minum susu, susu akan masuk ke lambung melalui kerongkongan. Diantara lambung dan kerongkongan terdapat cincin otot yang fungsinya sebagai pintu masuk susu ke dalam lambung. Namun apabila cincin otot tersebut tidak tertutup secara rapat saat susu masuk ke lambung maka akan kembali ke kerongkongan dan terjadilah gumoh.

Dalam bahasa medis biasanya gumoh disebut dengan refluks. Refluks wajar terjadi pada bayi yang baru lahir pada minggu pertama karena ukuran lambung yang masih sangat kecil. Cincin otot juga masih berfungsi secara baik, sehingga cincin otot tersebut akan semakin kuat hingga bayi berumur 4 atau 5 bulan. Pada saat itulah bayi akan berhenti melakukan refluks. Selain kasus diatas, bayi muntah akan terjadi pula saat bayi menangis dan batu secara berlebihan sehingga akan membuat reaksi keluarnya makanan pada bayi. Hal itu dapat terlihat saat tahun-tahun pertama.

Baca Juga : Mengulas Trisomy 13, Penyakit Langka dan Berbahaya yang Menyerang Bayi Akhir-akhir Ini!

Gejala Muntah Tidak Normal

Selain muntah yang wajar terjadi pada bayi, terdapat pula muntah yang disebabkan karena adanya keadaan tidak normal pada tubuh bayi. Bisa saja terjadi karena keracunan makanan, berbagai infeksi, pneunomia, radang usus, atau meningitis. Tanda-tanda pada bayi jika muntahnya tidak normal adalah dengan melihat warna dari muntahnya tersebut, biasanya jika muntah bayi berwarna kuning kehijauan bisa jadi disebabkan akibat terdapat gangguan pada usus.

Sedangkan ada bayi yang muntahnya disertai darah, hal tersebut bisa saja umum terjadi. Namun jika hal itu terjadi terus menerus bawa segera bayi ke dokter karena muntah darah yang terjadi secara terus menerus adalah tidak normal. Kemudian jika bayi Anda mengalami muntah disertai dengan menguningnya kulit bisa jadi bayi Anda terkena sakit kuning.

Biasanya muntah yang abnormal akan terjadi secara terus menerus dan hebat. Bisa aja bayi muntah pada saat setelah mengalami cedera dan terlihat sangat kesakitan. Hal tersebut perlu diwaspadai kepada para ibu bisa saja bayi Anda mengalami gegar otak. Namun jangan terlalu panik, segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan bayi Anda jika terjadi tanda-tanda tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan