Kenali Gejala dan Reaksi Alergi Bayi Sejak Dini

Alergi merupakan suatu reaksi yang berasal dari sistem imunitas akibat sesuatu yang dianggap berbahaya oleh tubuh padahal sebenarnya tidak membahayakan. Namun jika alergi tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka akan dapat menyebabkan masalah yang cukup serius bahkan mematikan.

Kenali Gejala dan Reaksi Alergi Bayi Sejak Dini

Biasanya hampir setiap manusia pernah merasakan alergi yang disebabkan oleh berbagai hal seperti makanan dan cuaca. Kondisi tersebut juga dapat terjadi pada bayi, maka sebagai orangtua harus memahami gejala-gejala alergi bayi sejak dini. Sehingga orangtua tidak akan panik jika terjadi alergi pada bayinya dan mampu menangani pengobatan awal di rumah saja. Perlu diingat juga apabila kondisi alergi semakin parah langsung bawa bayi Anda ke dokter terdekat.

Macam-macam jenis alergi bayi yang sering dijumpai

  • Alergi kulit

Alergi kulit adalah kasus alergi yang sangat sering dijumpai pada bayi maupun hampir semua usia. Kulit yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh selalu memberikan reaksi langsung jika terdapat hal-hal yang memicu munculnya alergi (allergen). Gejala alergi kulit nampak seperti eksim yakni bagian kulit tampak merah, kering, bersisik dan terasa gatal. Gejala lain yang muncul dapat berupa biduran (urtikaria) yakni kulit nampak merah dengan kondisi yang beragam, mulai dari titik kecil hingga bentol-bentol besar.

  • Alergi pada hidung

Alergi bayi juga dapat terjadi pada bagian hidung, namun sebagian dokter anak akan mendiagnosis alergi pada hidung saat usia anak mencapai 4 tahun. Hal tersebut disebabkan karena butuh waktu beberapa tahun seorang anak mengalami alergi. Namun tak jarang di usia bayi sudah mengalami alergi yang ditandai dengan masalah pernapasan.

Gejala umum yang dialami anak saat alergi pernapasan diantaranya yaitu hidung tersumbat, hidung terasa gatal dan berair, sering bersin, batuk, mata merah dan berair, lingkaran hitam pada bawah mata, saat tidur bernapas melalui hidung dan merasa cepat lelah.

  • Alergi makanan

Alergi makanan juga sering dijumpai pada bayi akibat tubuh tidak bisa menerima beberapa jenis makanan. Gejala yang ditimbulkan berupa gangguan usus yang ditandai dengan kram perut ataupun diare yang tak kunjung sembuh, biasanya diikuti dengan sakit kepala, kelelahan, gelisah dan berubahnya mood.

Jenis makanan yang sering menyebabkan alergi yaitu telur, susu, kedelai, ikan, gandum, kerang atau berbagai seafood, dsb. Jadi, selalu perhatikan asupan makanan untuk bayi Anda ya bunda?

  • Alergi binatang peliharaan

Bagi Anda yang senang dan memelihara binatang peliharaan di rumah sebaiknya pastikan selalu dalam keadaan bersih karena sangat memungkinkan sebagai penyebab alergi bayi Anda di rumah. Pemicu alergi tersebut bisa dari air liur, bulu dan urine dari binatang peliharaan. Gejala yang ditimbulkan antara lain seringnya bersin-bersin sesudah memegang maupun bermain dengan binatang peliharaan.

Be Sociable, Share!
 Kenali Gejala dan Reaksi Alergi Bayi Sejak Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *