Kenali Gejala Penyakit Pada Bayi Prematur

Kenali Gejala Penyakit Pada Bayi Prematur

Kelahiran buah hati menjadi sebuah momen yang ditunggu para orangtua. Antusiasme tersebut dipersiapkan sedemikian rupa agar bayi dan ibu bisa sehat dan selamat. Namun kadangkala terjadi persalinan dini karena berbagai faktor sehingga Anda melahirkan bayi prematur. Bayi yang lahir lebih awal akan mengalami beberapa kendala yang akan berdampak pada kesehatan bayi dan kondisi psikis ibu. Sehingga kondisi ini memerlukan tindakan dan perhatian khusus baik bagi si ibu maupun bayinya agar bayi tetap tumbuh sehat. Maka, para orangtua harus menyiapkan beberapa hal khususnya jika bayi mengalami sakit, diantaranya yaitu:

Kenali Gejala Penyakit Pada Bayi Prematur

Kenali Tanda-Tanda Umum

Bayi prematur yang sakit biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. Bayi hanya bisa menangis saat merasakan sakit sehingga para orangtua menganggap bahwa bayinya hanya mengantuk atau lapar. Untuk mengenali gejala sakit pada bayi Anda, maka harus lebih teliti dan cermat. Pada umumnya bayi yang sakit akan lebih sering mengantuk dan siklus tidur lebih lama dari kebiasaannya serta susah bangun saat akan disusui.

Tanda-tanda berikutnya bisa Anda lihat dari kondisi fesesnya. Feses bayi prematur yang mengonsumsi ASI biasanya berwarna kuning sedangkan yang mengonsumsi susu formula berwarna cokelat. Ketika terjadi masalah kesehatan, intensitas BAB mencapai 3-4 kali sehari. Selain itu bisa dilihat juga dari warna muntahan dan seringnya muntah.

Waspada Terhadap Penyakit Serius

Jika muncul beberapa gejala yang mencurigakan dari bayi prematur Anda, segeralah bawa ke dokter terdekat karena bisa mengarah pada penyakit yang lebih serius. Gejala-gejala tersebut diantaranya:

  • Kesulitan Bernapas

Bayi prematur umumnya lebih rentan terkena gangguan pernapasan karena paru-paru yang belum sempurna atau disebut dengan dysplasia bronkopulmoner. Gejala yang muncul yakni bayi Anda tiba-tiba bernapas berat dengan hitungan 60 kali/menit dan ruas tulang rusuk berbunyi keras serta warna bibir membiru.

  • Demam tinggi

Demam biasanya memang sering menyerang anak-anak, namun demam tinggi pada bayi bisa menjadi pertanda terjadi hal yang serius. Suhu normal tubuh bayi antara 36 hingga 37 derajat celcius. Jika suhu tubuh bayi Anda mencapai 38 derajat celcius maka segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sehingga tidak akan mengarah ke penyakit yang mengancam jiwa buah hati.

  • Sulit makan, tubuh memerah bahkan meradang

Bayi prematur memang lebih rentan daripada bayi yang lahir normal, maka jika muncul gejala seperti sulit menyusu, tali pusar hangat, merah dan membengkak bisa diasumsikan bayi Anda mengalami masalah kesehatan, pastikan untuk segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Para orangtua yang bijak harus peduli dan cepat tanggap dalam kondisi apapun sehingga jika terjadi masalah kesehatan pada anak, bisa cepat mendapatkan penanganan yang tepat

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan