Lakukan 4 Persiapan Ini Agar Tak Kaget Saat Melahirkan Bayi Prematur

Lakukan 4 Persiapan Ini Agar Tak Kaget Saat Melahirkan Bayi Prematur

Bagi pasutri yang tengah menantikan buah hati dan dokter yang menangani kehamilan istri menyatakan Anda akan memiliki bayi prematur. Baiknya disikapi dengan bijak sebab tak sedikit bayi yang terlahir prematur bisa tumbuh dengan sehat dan menjadi sosok sukses ketika sudah dewasa. Meskipun bayi yang terlahir prematur memang rentan mengalami banyak masalah kesehatan mulai dari berat badan kurang, organ vital yang belum berkembang sempurna, dan lain sebagainya sehingga resiko kematiannya tinggi.

Lakukan 4 Persiapan Ini Agar Tak Kaget Saat Melahirkan Bayi Prematur

Persiapan Memiliki Buah Hati Prematur

Namun jika dokter sejak dini sudah menyatakan Anda akan memiliki bayi yang terlahir prematur maka ada kesempatan memberi perawatan terbaik agar tumbuh sehat. berikut beberapa persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati yang prematur:

  • Konsumsi makanan kaya gizi,

Saat memasuki usia kandungan 35 minggu biasanya dokter sudah bisa memprediksi bayi akan lahir prematur atau saat usia kandungan sudah matang. Jika menerima kabar pertama tentunya jangan merasa dunia akan kiamat, sebab asalkan ibu tetap mengkonsumsi makanan kaya gizi. Dijamin si kecil lahir dalam kondisi sehat tanpa cacat bawaan ataupun berat badan terlalu kurang. Jadi kenali makanan yang baik untuk menunjang perkembangan janin dan hindari makanan yang menyebabkan kecacatan.

  • Hindari dan kelola stress,

Saat menerima kabar akan melahirkan bayi prematur biasanya ibu hamil akan terus memikirkan hal-hal buruk terkait resiko bayi yang prematur tersebut. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil terserang stress karena terus memikirkan hal-hal buruk sehingga menyebabkan tekanan darah naik. Dukungan dari suami sangat penting untuk memberikan suasana yang nyaman dan bisa terus menjaga ketenangan istri. Sebab ketika ditangani dengan baik bayi yang terlahir prematur bisa tumbuh dengan baik dan normal.

  • Mempersiapkan tabungan,

Menabung menjadi persiapan penting yang baiknya dilakukan sejak kehamilan awal atau di trimester pertama. Jadi, usahakan menabung dengan disiplin sebab ketika si kecil lahir secara prematur maka akan membutuhkan perawatan intens. Terutama jika berat badannya di bawah 2.500 gram, maka akan masuk ke inkubator selama beberapa minggu. Tak perlu di cemaskan karena Anda bisa menimbang memakai asuransi baik dari swasta maupun pemerintah untuk meringankan beban finansial.

  • Memilih fasilitas sejak hamil sampai melahirkan,

Menikmati masa kehamilan dengan nyaman menjadi kunci penting agar si kecil yang diprediksi lahir prematur bisa lahir dengan sehat. Yakni tak ada organ vital yang belum berkembang baik atau menderita cacat sejak lahir. Jadi usahakan memilih fasilitas yang memadahi sejak hamil, dimulai dari konsultasi rutin dengan dokter sampai olahraga teratur misal rutin ikut senam kehamilan. Kemudian cobalah belajar teknik merawat bayi prematur sejak awal sehingga Anda tak kaget dan mendukung tumbuh kembang buah hati dengan maksimal.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan