Lakukan 4 Persiapan Ini Menjelang Program Bayi Tabung Agar Lebih Mudah Sukses

Tidak semua pasangan memiliki kemudahan untuk mendapatkan anak, kadang hanya menunggu beberapa bulan usai menikah. Kadang pun masa penantian ini bisa berlangsung tahunan dan menginjak angka belasan tahun. Anak memang rezeki, otomatis kehadirannya tidak bisa diprediksi apalagi dipaksakan namun bukan berarti Anda dan pasangan berpangku tangan. Semua penyebab susah hamil bisa diatasi bahkan kesulitan untuk hamil secara alami kini bisa diatasi dengan program bayi tabung atau IVF. Program ini tentu perlu didahului dengan pemeriksaan secara intensif, baru kemudian diputuskan untuk dilakukan.

 

Apabila hasil pemeriksaan memang tidak mendukung proses kehamilan alami melainkan dengan program IVF (In Vitro Fertilization). Usahakan istri menyiapkan diri sebelumnya karena sukses tidaknya bergantung sekali dengan kondisi sel telur. Selain menyiapkan dana tentunya, karena untuk program IVF ini memang akan dilakukan banyak langkah atau tahapan. Tak pelak menuntut biaya yang tidak sedikit, dan kabar baiknya beberapa rumah sakit memberikan diskon sehingga program satu ini memakan biaya hanya sekitar Rp 30-40jutaan saja.

 

Tips Mempersiapkan Sel Telur Sebelum IVF

 

Supaya biaya yang dikeluarkan untuk program bayi tabung tak sia-sia karena berbuntut kegagalan maka istri perlu menyiapkan diri sebaik mungkin. Adapun persiapan terbaiknya adalah:

 

Konsumsi makanan berkualitas,

Makanan menjadi modal utama untuk menyiapkan sel telur agar memperbesar peluang sukses selama IVF berlangsung. Usahakan menghindari makanan dalam kemasan, perbanyak menyantap olahan kedelai dan hindari minuman mengandung alkohol dan kafein. Ganti nasi biasa dengan sumber karbohidrat yang nilai glikemiknya rendah, sehingga meningkatkan kualitas sel telur.

Baca juga: Memandikan Bayi Jangan Asal Pilih Produk Shampo dan Sabunnya

Memperbanyak kegiatan fisik,

Kegiatan fisik untuk membantu meningkatkan kualitas sel telur pada istri tidaklah kegiatan fisik berat melainkan yang ringan. Mulailah membiasakan diri untuk berjalan kaki, khususnya jalan-jalan keliling kompleks setiap pagi. Langkah ini membuat tubuh aktif bergerak dan memperbaiki metabolismenya sekaligus melancarkan peredaran darah. Tubuh yang aktif bergerak juga lebih mudah menangkal serangan stress sehingga kualitas sel telur mengalami peningkatan yang signifikan. Anda bisa mencari tahu kegiatan fisik ringan apa saja yang bisa dilakukan menjelang IVF berlangsung, bisa dari buku atau konsultasi ke dokter.

 

Lakukan perawatan alternatif,

Kontrol yang baik terhadap stress sangat efektif membantu proses fertilisasi sehingga meningkatkan kualitas sel telur. Ketika pembuahan non alami dilakukan maka sperma dengan mudah membuahi sel telur yang sudah siap. Mendapatkan kontrol penuh terhadap stress lumayan sulit, namun bukan berarti tidak bisa diusahakan. Selain olahraga fisik ringan Anda pun bisa melakukan perawatan tambahan misal dengan mengikuti les meditasi, yoga, akupuntur, dan sejenisnya. Perawatan tambahan ini efektif membantu mengurangi dan mengontrol stress sehingga program bayi tabung kesempatan berhasilnya semakin tinggi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan