Lakukan Tips Berikut untuk Mengurangi Bahaya HP Bagi Kesehatan!

( Foto : Fakta Kanker )

HP, atau kini Smartphone, sepertinya sudah menjadi benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sekarang ini. Fungsinya yang sangat men-support kegiatan manusia modern, menjadikan HP seolah menjadi asisten pribadi yang selalu siap membantu pekerjaan, memudahkan urusan, atau hanya sekedar mengingatkan kebiasaan. Meskipun banyaknya kabar yang beredar tentang bahaya radiasi dari HP, hal itu seolah tidak menjadi halangan untuk orang-orang terus menggunakan gawai masa kini tersebut.

Tapi di balik canggihnya gawai genggam ini, isu tentang bahaya HP bagi kesehatan dewasa ini terus berhembus. Mulai dari bahayanya terhadap psikis manusia yang menjadi sangat tergantung terhadap gawai, hingga bahaya radiasi yang dipancarkan oleh smartphone itu sendiri, terutama bagi bayi, balita, bahkan ibu hamil.

Baca lebih lanjut mengenai 5 bahasa radiasi Hp bagi Ibu hamil, baca di sini.

Konon penyebabnya adalah radiasi Radio Frequency (RF). Radiasi RF ini biasanya dipancarkan saat HP sedang dalam keadaan aktif dan mencari sinyal. Paparan radiasi RF yang diterima tubuh manusia dalam waktu yang lama dikatakan dapat mengganggu sistem kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi mengakibatkan kerusakan otak secara permanen. Menyeramkan juga, ya?

( Foto : Asian Parent )

Riset demi riset terus dilakukan untuk meneliti bahaya HP bagi kesehatan dan juga cara untuk mengurangi dampak dari paparannya.

Demi keamanan juga kesehatan, mungkin beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak atau bahaya HP bagi kesehatan.

  1. Usahakan untuk tidak mengantongi HP

Walaupun tidak sedang digunakan, HP sebenarnya terus memancarkan radiasi RF (Radio Frequency). Maka dari itu, lebih baik kita tetap menjaga jarak dengan HP. Meletakkan HP di ransel, tas selempang, atau wadah lain akan lebih baik daripada mengantonginya.

 

  1. Jangan gunakan HP saat sinyal lemah

Ketika sinyal sedang lemah, radiasi yang dipancarkan HP akan lebih besar. Mengapa? Masih tentang sinyal RF. Pada keadaan sinyal lemah, sinyal RF yang dikeluarkan HP meningkat intensitasnya sehingga potensi bahaya yang ditimbulkannya pun lebih besar. Nah, jika memang sedang gak penting-penting amat, lebih baik hindari menggunakan HP saat sinyal lemah. Lebih baik lagi jika Anda mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) dalam keadaan tersebut.

 

  1. Gunakan headset

Saat sedang menelepon, apalagi untuk waktu yang cukup lama, alangkah lebih baik jika anda lebih memilih untuk menggunakan headset, karena melekatkan HP dalam waktu yang cukup lama ke telinga berpotensi memicu keluaran radiasi yang bukan tidak mungkin dapat memberikan kerusakan pada jaringan otak.

 

  1. Meletakkan ponsel dekat kepala saat tidur? It’s a big NO!

Seperti yang telah disebutkan di atas, meski sedang tidak digunakan, HP terus mencari sinyal yang dapat memicu paparan radiasi. Jika memang Anda ingin tidur dengan keadaan HP yang menyala, setidaknya jauhkan HP dari kepala Anda. Lebih baik lagi jika meletakkan HP di tempat yang cukup jauh dari tubuh Anda.

 

  1. Dengarkan musickdan tonton video secara offline

Untuk mengurangi paparan radiasi HP, Anda mungkin bisa memilih untuk mengunduh terlebih dahulu music atau video yang inginkan (bukan streaming) lalu menikmatinya dalam keadaan HP offline. Dan jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menikmati musik dan video tersebut dalam mode pesawat (airplane mode).

 

Itulah tips-tips yang bisa Anda praktikkan untuk meminimalisir paparan sinyal RF yang dikeluarkan oleh HP terhadap tubuh Anda. Meskipun isu tentang bahaya HP bagi kesehatan ini masih terlus diteliti dan masih menimbulkan perdebatan, tapi demi kesehatan, tidak ada salahnya untuk bersikap preventif, buka

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan