Langkah Penanganan Bayi yang Demam Tinggi Setelah Imunisasi  

angkah Penanganan Bayi yang Demam Tinggi Setelah Imunisasi

Memang bukan sebuah hal yang baru lagi jika seandainya bayi yang baru lahir harus langsung mendapatkan imunisasi, bahkan bisa dikatakan hal ini tak hanya berlangsung sekali saja, melainkan juga berkali-kali. Termasuk diantaranya untuk jenis-jenis penyakit baru yang berbahaya. Seperti namanya kegiatan yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk membuat tubuh si kecil nantinya kebal akan beberapa serangan virus berbahaya, seperti yang sudah ditemukan saat ini adalah untuk polio, campak, hepatitis dan juga difteri.

 angkah Penanganan Bayi yang Demam Tinggi Setelah Imunisasi

Langkah pencegahan jauh lebih baik dibandingkan dengan pengobatan nantinya, mengingat penyakit semacam ini menyerang secara cepat dan juga berakibat fatal terhadap resiko kematian, hanya saja setelah mendapatkan suntik untuk imunisasi ini tak jarang juga diantaranya adalah anak-anak atau bayi yang justru mengalami kondisi semacam demam tinggi atau sejenisnya. Jangan khawatir berikut ini ada langkah penanganannya agar tidak berakibat fatal, yaitu:

 

  1. Tingkatkan asupan asi kepada mereka, setelah mendapatkan suntikan beberapa obat pencegahan penyakit berbahaya tersebut biasanya reaksi tubuh memang akan langsung panas atau demam, namun jangan khawatir karena nyatanya hal ini bisa disiasati salah satunya adalah dengan cara meningkatkan pemberian asi, karena asi ini mengandung zat yang bagus untuk kembali meningkatkan kekebalan tubuh mereka juga mengobati demam.
  2. Pastikan mereka mengenakan pakaian yang sejuk, kondisi pakaian juga haru diperhatikan, hindari memakaikan pakaian dengan bahan yang tidak nyaman, terlalu tebal bahkan juga bertumpuk-tumpuk. Anda dapat menyiasatinya dengan memakaikan busana yang sejuk pada buah hati.
  3. Kompres menggunakan air hangat, cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat suhu badan mereka berangsur turun atau reda adalah dengan mengompres, gunakan air hangat untuk mengompres sebagai transfer agar suhu tubuhnya nanti menjadi lebih normal. Langkah mengompres ini sebaiknya juga dilakukan secara teratur, sering-sering mengganti ketika kompres dalam kondisi sudah dingin.
  4. Kompres juga bekas suntikan dengan air dingin, tak jarang diantaranya bekas yang di suntik tersebut akan memerah bahkan memberikan bekas luka, namun jangan khawatir karena tetap ada cara termudah untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin untuk mempercepat bagian bekas suntikan agar cepat sembuh dan tidak membekas nantinya.
  5. Tempatkan bayi Anda di ruang yang sejuk dan juga bersih, untuk menghindari resiko terjadinya infeksi pada diri mereka.

Baca Juga : Pentingnya Imunisasi Bagi Bayi dan Jenis-jenisnya

Sangat mudah bukan, cukup dengan 5 hal tersebut nantinya akan membantu meringankan atau menyembuhkan demam pada buah hati Anda selepas mendapatkan imunisasi. Pemberian suntik semacam ini sedini mungkin sebenarnya memang lebih dianjurkan, sehingga kekebalan tubuh mereka untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya juga bisa terbentuk sedini mungkin. Hingga dewasa nanti tidak akan terjangkit penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan