Mainan Bayi Edukasi Usia 6 – 9 Bulan

Media permainan memang sangat cepat untuk merangsang tumbuh kembang anak, kenapa tidak memberikan mainan bayi? Ini akan mendukung tumbuh dan kembang menjadi lebih baik. Kini sudah ada banyak mainan edukasi untuk bayi usia 6 hingga 9 bulan, bukan hanya membuat anak senang namun juga merangsang kecerdasan otak.

Mainan Bayi Edukasi Usia 6 – 9 Bulan

Tenang saja, mainan yang diberikan akan aman jika disentuh secara langsung, di masukan dalam mulut hingga di lempar oleh bayi. Mainan ini bahkan banyak Anda temukan di toko mainan dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga tidak perlu takut merogoh kantor terlalu tebal.

4 Jenis Mainan Bayi Edukasi Untuk Usia 6 Hingga 9 Bulan

Mainan Bergantung

Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa melihat dengan jelas, bahkan hal pertama yang diperhatikan, langit-langit kamar. Hati-hati dengan hal tersebut, ini akan membuat anak akan lebih banyak mendongak dan malas untuk bergerak, apalagi jika anak berada tepat di atas lampu.

Sebaiknya berikan mainan yang bergantung di sekitarnya, jika bisa letakkan cukup rendah sehingga mampu di raih anak. Ini untuk merangsang motorik kaki dan tangan agar bisa bergerak lebih aktif, bisa juga memilih mainan yang dapat bergerak dan mengeluarkan bunyi.

Mainan Bercermin

Jangan kita anak Anda narsis karena senang melihat bayangan sendiri, bayi memang suka melihat bayangan setiap hal. Maka dari itu, berikan mainan dengan tambahan sebuah cermin, ini memang lebih disukai anak perempuan, karena lebih feminine.

Mengapa diberikan mainan dengan tambahan cermin, ini untuk melatih bagaimana cara bergerak kaki dan tangan. Sehingga bayi tidak akan takut untuk menggerakkan kaki dan tangan dari bayangan cermin tersebut, Anda sebagai orang tua juga bisa memberikan contoh.

Mainan Ikat

Ini memang sering kali digunakan sebagai aksesori atau hal yang lucu saja, namun ternyata mainan dengan cara diikatkan dengan bayi bisa memberikan rangsang tersendiri. Apalagi jika digoyangkan akan berbunyi, ini akan membuat bayi semakin aktif bergerak.

Ikatkan saja pada kaki dan tangannya, sehingga bisa merangsang pergerakan otot dan melihat rangsang indera pendengaran. Apalagi jika Anak memiliki kelebihan berat badan, mainan bayi dalam bentuk ikat sangat membantu anak supaya bergerak lebih aktif.

Mainan Merangkak

Usia 6 hingga 9 bulan, memang waktunya anak mulai banyak bergerak dan aktif ingin berjalan. Namun awalnya memang dari merangkak, usahakan bayi Anda sudah bisa tengkurap sehingga memudahkan untuk merangkak.

Rangsang dengan mainan yang bisa bergerak, seperti mobil-mobilan dengan tambahan roda. Badan anak akan mendorong mainan tersebut, inilah yang akan merangsang anak bisa merangkak bahkan mengejarnya. Namun jauhkan dari bagian yang lancip karena bisa melukai, jika berada di atas tempat tidur, pastikan di bagian bawah sudah ada matras untuk melindungi anak, siapa tahu jatuh.

Sudah tahu bukan, mainan bayi yang tepat untuk usia 6 hingga 9 bulan. Ini bukan hanya sekadar menjadi hiburan, namun bisa merangsang otot untuk bergerak. Jangan anggap remeh anak yang belum bisa bergerak aktif setelah usia 6 bulan, lihat tandanya dan berikan rangsangan agar perkembangan anak tidak terlambat seperti anak seusianya.

Be Sociable, Share!
 Mainan Bayi Edukasi Usia 6 – 9 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *