Makanan dan Susu Ibu Hamil 7 Bulan yang Sangat Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Makanan dan Susu Ibu Hamil 7 Bulan yang Sangat Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

 


( Foto : Time )

 

Menjalani kehamilan pastinya merupakan masa-masa penuh arti bagi seluruh Ibu. Keinginan untuk memberikan bekal kehidupan terbaik sudah dimulai ketika janin di dalam Rahim, bahkan saat baru berusia hitungan hari. Oleh karena itu para Ibu selalu memperhatikan kuantitas dan kualitas asupan makannya. Menjelang waktu perkiraan lahir, biasanya para ibu sudah merasakan perasaan yang tidak karuan. Kandungan yang mulai terasa berat, punggung yang mudah terasa pegal tidak seberapa dibanding rasa deg-degan mempersiapkan mental atas kelahiran. Apakah semua prosesnya akan baik-baik saja ? apakah bayi akan terlahir sempurna tanpa kekurangan apapun? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang begitu saja muncul dalam pikiran. Jalan keluarnya hanya satu, yaitu fokus pada memenuhi asupan gizi, nutrisi, dan tenaga yang dibutuhkan untuk hari besar itu. Selain mengkonsumsi susu ibu hamil 7 bulan, para ibu juga disarankan sudah mulai mengkonsumsi bahan makanan pelancar ASI.

 

Berikut adalah bahan makanan yang wajib para ibu konsumsi untuk mempersiapkan waktu kelahiran ;

  1. Yogurt,

    Yogurt memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Bahan makanan yang dibuat dari hasil fermentasi susu ini dapat dikonsumsi ibu hamil sebagai makanan selingan. Kandungan kalsium di dalamnya sudah diakui sebagai yang terbaik. Para ibu hamil sangat membutuhkan kalsium, untuk mencegah cacat syaraf pada anak serta masalah gigi dan tulang.

    Gangguan pada pencernaan saat hamil juga mampu disembuhkan oleh yogurt dengan mengandalkan kandung probiotik di dalamnya. Tidak sampai di situ yogurt juga mengandung omega 3, vitamin D, kalium, dan protein.

 

  1. Susu Kedelai,

    Mengkonsumsi susu kedelai saat hamil menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan kekhawatiran bahwa susu kedelai dapat mengakibatkan keguguran. Ketakutan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena sebenarnya risiko itu untuk kehamilan di trimester pertama.

    Hormon Estrogen adalah hormon yang dapat meningkatkan risiko keguguran jika dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama, namun sangat bermanfaat jika dikonsumsi di kehamilan trimester kedua. Karena hormon estrogen mampu menstimulasi sistem saluran ASI membesarkan salurannya. Oleh karena itulah susu kedelai menjadi salah satu pilihan untuk susu ibu hamil 7 bulan.

    Di dalam susu kedelai terdapat kandungan vitamin A, E, dan B yang berguna untuk menjaga kondisi ibu hamil tetap bugar selama kehamilan. Protein yang ada juga berperan dalam memastikan kesehatan organ tubuh, serta mengontrol perkembangan janin hingga optimal. Karbohidrat di dalamnya membantu memberikan tenaga kepada ibu hamil, serta lemak nabati yang mampu memerangi kolesterol yang tinggi sehingga ibu hamil terhindar dari masalah kehamilan.

 

  1. Kentang

    Menjelang waktu kelahiran, ibu hamil membutuhkan kalium untuk mengurangi kondisi pembengkakan di beberapa daerah tubuhnya. Pembengkakan yang terjadi diakibatkan oleh perpindahan cairan. Oleh karena itu kalium dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

    Di dalam satu buah kentang besar bisa memiliki kandungan 900 mg kalium. Selain kalium kentang juga memiliki nutrisi lain yaitu karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, serat dan zat besi. Cara pengolahan kentang terbaik untuk ibu hamil adalah dengan cara memanggangnya tanpa tambahan saus atau keju yang berlebihan.

 

( Foto : Reed )

Itulah 3 dari beberapa bahan makanan lainnya yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil menjelang waktu kelahiran. Makanan-makanan lain di antaranya buah pisang, daging ayam, daging ikan untuk meningkatkan kemampuan otak bayi, dan sayur-sayuran yang juga dikenal sebagai makanan pelancar ASI.

Dengan berfokus pada asupan makanan, dan persiapan-persiapan lainnya maka rasa khawatir yang muncul akan teralihkan. Olahraga ringan seperti yoga ibu hamil juga sangat disarankan untuk menambah relaksasi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan