Manfaat Vaksin Bayi yang Wajib Bunda Tahu

Manfaat Vaksin Bayi yang Wajib Bunda Tahu

Manfaat vaksin pada bayi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang dilatih untuk melawan suatu penyakit, vaksin bayi akan menjadikan buah hati Anda kebal terhadap penyakit yang dapat menyerangnya. Sebelum vaksin, satu-satunya cara untuk menjadi kebal terhadap suatu penyakit adalah benar-benar mendapatkannya dan bertahan hidup. Ini disebut kekebalan alami. Dengan kekebalan alami, bayi Anda yang menderita gejala penyakit dan juga resiko komplikasi, yang bisa sangat serius atau bahkan mematikan.

Manfaat Vaksin Bayi yang Wajib Bunda Tahu 

Selain itu, selama tahap-tahap tertentu penyakit, Anda mungkin menularkan penyakit pada bayi Anda dan menularkan penyakit itu kepada anggota keluarga, teman, atau orang lain yang berhubungan dengan Anda. Lebih murah untuk mencegah penyakit daripada mengobatinya. Vaksin tidak hanya melindungi bayi Anda saja akan tetapi juga orang lain di sekitar Anda. Jika sistem kekebalan bayi yang mengandung vaksin menghentikan suatu penyakit sebelum dimulai, maka hal ini akan menular untuk jangka waktu yang jauh lebih singkat, atau mungkin tidak sama sekali. Demikian pula, ketika orang lain di vaksinasi, mereka cenderung tidak memberikan penyakit kepada Anda.

Vaksin melindungi tidak hanya individu tetapi seluruh komunitas. Itulah mengapa vaksin bayi sangat penting untuk tujuan kesehatan masyarakat mencegah penyakit. Jika sejumlah orang yang kritis dalam suatu komunitas di vaksinasi terhadap penyakit tertentu, seluruh kelompok menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk terserang penyakit. Perlindungan ini disebut komunitas, atau kelompok, kekebalan. Di sisi lain, jika terlalu banyak orang di masyarakat tidak mendapatkan vaksinasi, penyakit dapat muncul kembali.

Semua orangtua ingin melakukan segala hal untuk memastikan bahwa bayi mereka sehat dan terlindung dari penyakit yang dapat dicegah. Vaksinasi memiliki banyak manfaat untuk bayi Anda, seperti:

  • Melindungi anak-anak dari penyakit serius dan komplikasi penyakit yang dapat dicegah, seperti amputasi lengan atau kaki, kelumpuhan anggota badan, gangguan pendengaran, kejang, kerusakan otak, dan kematian.
  • Penyakit yang dapat dicegah vaksinasi, seperti campak, gondong, dan batuk rejan, masih merupakan ancaman.
  • Jika anak-anak tidak di vaksinasi, mereka dapat dengan mudah mendapatkan salah satu penyakit dari seorang yang memiliki penyakit juga.
  • Vaksinasi dilakukan dengan aman dan efektif, karena semua vaksin menjalani tinjauan yang panjang dari para ilmuwan, dokter, dan pemerintah untuk memastikan mereka aman.

Vaksin bayi melindungi orang lain yang Anda sayangi, termasuk anggota keluarga, teman, dan kakek-nenek bahkan bayi Anda. Jika anak-anak tidak di vaksinasi, mereka dapat menyebarkan penyakit ke anak-anak lain yang terlalu muda untuk di vaksinasi atau orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti penerima transplantasi dan orang-orang dengan penyakit kanker. Ini bisa mengakibatkan komplikasi jangka panjang dan bahkan kematian bagi orang-orang yang rentan terhadap penyakit ini. Itulah mengapa melakukan vaksin itu sangat penting dilakukan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan