Mencegah Terjadinya Gizi Buruk Pada Anak Balita

Mencegah Terjadinya Gizi Buruk Pada Anak Balita

Balita ataupun anak dengan usia dibawah lima tahun kerap kali rentan untuk terserang dengan berbagai jenis virus dan kuman penyakit yang mungkin saja masih menyebar disekitar lingkungan tempat tinggal mereka. Kondisi tubuh anak balita yang memang belum memiliki sistem kekebalan tubuh sempurna, menjadi penyebab utama timbulnya permasalahan tersebut. Melihat dari permasalahan tersebutlah, ada baiknya sebagai orang tua kita selalu memberikan berbagai asupan gizi pada tubuh anak, melalui makanan yang sehat dan mengandung berbagai zat yang baik serta dapat mendukung proses tumbuh kembang mereka. Dengan memberikan asupan makanan yang bergizi tersebutlah, maka secara langsung kita dapat mencegah adanya gizi buruk pada tubuh anak, yang dapat menyebabkan melemahnya sistem imun dalam tubuh mereka.

Mencegah Terjadinya Gizi Buruk Pada Anak Balita

Sedapat mungkin buatlah sendiri makanan untuk putra putri Anda yang memang berada dalam usia rentan dibawah lima tahun, agar nantinya Anda dapat mengetahui berbagai kandungan zat gizi yang terdapat dalam makanan tersebut. Selain itu penggunaan bahan alami yang sama sekali tidak mengandung zat kimia pun harus Anda berikan, agar nantinya tidak memberikan efek dikemudian hari bagi pertumbuhan putra putri Anda. Gunakanlah resep-resep pengolahan makanan yang tepat untuk anak dibawah usia lima tahun, agar nantinya hasil olahan Anda dapat dinikmati oleh anak dengan senang hati tanpa adanya paksaan.

Selain memberikan anak asupan gizi yang seimbang, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya gizi buruk serta meningkatkan sistem imun dalam diri anak, yang antara lain adalah:

Baca Juga:Cegah Resiko Gizi Buruk Pada Bayi dengan 4 Cara Cerdas Berikut Ini!

  • Selalu biasakan anak dan diri Anda untuk menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, untuk mencegah adanya kuman yang masuk dalam sistem pencernaan, yang mungkin dapat mengakibatkan tumbuhnya cacing ataupun kuman penyakit.
  • Bekali tubuh anak Anda dengan sistem imunisasi yang lengkap sesuai dengan tahapan dan usia yang dianjurkan untuk setiap jenis imunisasi. Dengan sistem imunisasi inilah, maka tubuh anak dapat terlindungi dari berbagai jenis kuman yang mungkin menyerang.

Selalu ajarkan pada anak untuk menjaga kebersihan tubuh mereka, dengan membiasakan mereka untuk mandi dan menggosok gigi dengan tepat waktu. Jagalah pula kebersihan lingkungan dalam rumah Anda, dan hindari untuk menimbun berbagai barang yang dapat dijadikan sebagai sarang nyamuk serta kuman yang mungkin dapat menyerang. Biasakan anak untuk beristirahat disiang hari agar tubuh mereka dapat beristirahat, sesuai dengan kapasitas usia mereka.

Mencegah terjadinya gizi buruk, yang dapat menimbulkan anak terserang berbagai kuman penyakit, sebetulnya merupakan hal yang sangat mudah untuk kita lakukan. Tak perlu biaya mahal, ataupun makanan mewah untuk melaksanakannya. Anda hanya perlu menjaga sikap dan komitmen Anda untuk selalu memberikan asupan gizi yang seimbang dan sehat bagi proses tumbuh kembang putra putri Anda, serta selalu menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan