Mengenal Penyebab dan Penanganan Anak Autis dengan Tepat

Mengenal Penyebab dan Penanganan Anak Autis dengan Tepat

Autis merupakan sebuah kondisi yang dialami oleh seseorang, dan biasanya identik dengan anak-anak, dimana mereka memiliki sebuah kendala dalam hal konsentrasi. Anak penyandang autis, biasanya akan memiliki kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan lawan bicara, karena mereka tidak dapat berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama pada satu titik dalam jangka waktu yang lama. Selain permasalahan pada hal konsentrasi dalam diri mereka, seorang anak autis biasanya juga akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi mereka. Kecenderungan permasalahan yang timbul dalam hal sosialisasi inilah, yang kemudian menyebabkan stigma yang keliru didalam masyarakat, tanpa mereka mengetahui secara pasti penanganan yang tepat untuk diberikan kepada anak penderita autis.

 Mengenal Penyebab dan Penanganan Anak Autis dengan Tepat

Untuk dapat mengetahui cara penanganan anak dengan autisme dengan tepat, hal pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua adalah mengetahui tingkatan autisme anak. Berdasarkan paparan yang banyak dijabarkan oleh pakar kesehatan, autisme pada diri anak dibagi menjadi beberapa golongan, berdasarkan kelemahan konsentrasi serta tingkat pengendalian emosi dalam diri mereka. Selain mengetahui tingkatan autisme pada anak, mengetahui penyebab pasti dari autisme juga akan dianjurkan bagi Anda para orang tua yang memiliki buah hati dengan autisme. Dengan mengetahui kedua hal tersebutlah, maka tindakan dan penanganan yang tepat dapat kita lakukan.

Berikut ini beberapa langkah penanganan untuk anak autis, yang memang disarankan untuk dilakukan para orang tua oleh para ahli, yang antara lain adalah:

Baca Juga:Gejala Dan Psikologis Anak Autisme

  • Melakukan terapi khusus kepada anak, dengan bimbingan ahli yang memang secara khusus memahami penanganan anak autisme. Berikanlah anak pujian pada setiap keberhasilan yang mereka lakukan dalam sistem terapi yang dilakukan. Pujian inilah yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam anak, serta rasa bangga dalam diri mereka.
  • Latihlah konsentrasi berbicara pada anak, dengan sesering mungkin mengajak anak berkomunikasi tatap muka dengan anak, sehingga nantinya mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi terlalu dalam.

Selain kedua cara tersebut diatas, yang harus Anda lakukan terhadap putra putri Anda yang memiliki gangguan autisme, akan lebih disarankan bagi Anda untuk selalu menstimulasi berbagai saraf halus yang terdapat didalam tubuh anak. Hal ini penting dilakukan oleh para orang tua, mengingat gangguan autisme ini biasanya juga ikut membuat saraf-saraf halus dalam diri anak menjadi terganggu. Terapi okupasi mungkin dapat menjadi pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menstimulasi saraf-saraf halus pada diri anak.

Yang tak kalah penting dalam penanganan anak autis yang perlu Anda lakukan adalah membiarkan mereka untuk dapat bermain dan berkumpul bersama dengan teman sebaya mereka, tentunya dengan pengawasan yang Anda lakukan. Jangan mengurung anak, hanya karena mereka memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi, biarkan mereka berkembang dan tumbuh seperti anak seusia mereka, agar nantinya kehidupan sosial dalam diri mereka pun dapat berkembang dengan baik.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan