Mengulas Tentang Ruam Popok Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

Mengulas Tentang Ruam Popok Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

Memiliki buah hati tentu menjadi hal yang amat sangat menyenangkan. Meski demikian, perawatan untuk bayi memang harus dilakukan dengan baik. Salah satu kebutuhan si kecil yang tak akan bisa dikalahkan adalah kebutuhan akan popoknya. Namun bukan hanya tahu bagaimana cara memasang popok bayi saja, namun sebagai orang tua, Anda juga wajib tahu tentang ruam popok. Ya, bayi kerapkali mengalami ruam popok dimana kondisi ini tentu sangat tidak menyenangkan.

 Mengulas Tentang Ruam Popok Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

Ruam popok adalah kondisi yang sering sekali terjadi pada bayi, terutama jika bayi tersebut masih di usia sekitar 9 sampai 12 bulan. Ruam seperti ini, terkadang memang sulit sekali dihindari. Meski demikian orang tua tidak usah khawatir karena sebetulnya ruam popok bukanlah hal yang berbahaya serta mampu diatasi dengan mudah. Ruam popok sendiri merupakan kondisi peradangan di kulit bayi yang ditutup popok dan umum terjadi di area bokong si kecil.

Untuk gejalanya, ruam popok biasa ditandai dengan kulit tampak memerah di daerah bokong, lipatan paha, hingga kelamin. Rasanya sangat nyeri sehingga si kecil kerapkali rewel. Sebelum tahu cara mengatasinya, maka ada baiknya tiap orang tua tahu dulu penyebab dari ruam popok itu sendiri, diantaranya:

  • Popok bayi yang terlalu basah serta kotor karena tinja atau urin.
  • Kulit bayi yang cenderung sensitif karena paparan bahan kimia yang ada di popok.
  • Infeksi bakteri dan jamur yang ada di area kulit.
  • Asupan makanan padat pertama yang diberikan ke bayi. Itulah mengapa asupan makanan padat baiknya diberikan saat bayi berumur lebih dari 6 bulan.
  • Bayi yang konsumsi antibiotik serta bayi menyusui dari Ibu yang konsumsi antibiotik.

Untuk mengatasi kondisi semacam ini, tindakan yang utama adalah agar ruam tersebut tidak kian menyebar ke kulit lainnya. Untuk itu berikut ini beberapa cara perawatan saat bayi mengalami ruam popok:

  • Cucilah tangan hingga bersih baik sebelum atau setelah ganti popok si kecil.
  • Cek popok tiap beberapa jam dan jangan biarkan popok tersebut terlalu basah dan kotor. Segera ganti baru.
  • Sebelum ganti ke popok baru, baiknya bersihkan dulu kulit bayi memakai air bersih serta pembersih kulit yang khusus. Apabila akan memandikannya, maka ada baiknya memakai air hangat.
  • Jangan pernah menggosok ruam tersebut dengan bahan yang memiliki kandungan pewangi hingga alkohol. Tepuk pelan kulit bayi dengan hati-hati dan handuk hingga kering.
  • Pastikan untuk area yang kena ruam popok kering dan bersih sebelum pakai popok baru agar ruam tidak kian menjalar atau parah.
  • Sesekali Anda bisa membebaskan bayi untuk tidak menggunakan popok bayi sehingga kulitnya bisa lebih bernafas.
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan