Pengobatan dan Pencegahan Iritasi Karena Pampers Bayi

Pengobatan dan Pencegahan Iritasi Karena Pampers Bayi

Merupakan hal yang sudah diketahui oleh masyarakat bahwa kulit bayi masih sangat sensitif. Oleh karena itulah harus menaruh perhatian yang tepat ketika akan membeli baju yang digunakan, perhiasan yang dipakai, dan juga ketika memilih popok yang digunakan. Terutama ketika memilih popok tersebut harus sangat teliti karena pemilihan popok yang salah dapat untuk menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Iritasi karena pampers bayi ini biasanya ditandai dengan ruam dan juga kemerahan pada kulit. Sehingga harus diatasi dengan segera agar iritasi tersebut tidak bertambah parah.

Pengobatan dan Pencegahan Iritasi Karena Pampers Bayi

Untuk dapat menghindari iritasi kulit bayi karena penggunaan popok tersebut, orangtua sebaiknya menaruh perhatian pada penyebab yang bisa menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit bayi. Dimana beberapa penyebab yang menjadi faktor iritasi kulit bayi adalah sebagai berikut ini:

  • Faktor pertama yang menjadi penyebab iritasi adalah karena pemakaian popok yang terlalu lama. Popok yang basah akan lebih mudah untuk membuat iritasi pada kulit terutama untuk jenis popok yang kurang tepat.
  • Adanya gesekan dan juga lecet karena penggunaan popok yang terlalu ketat pada bagian kulit bayi.
  • Karena konsumsi antibiotik sehingga menyebabkan bakteri lebih kebal dan juga bisa menyebabkan jamur ketika menggunakan popok.
  • Kulit bayi yang terlalu sensitif sehingga tidak cocok untuk menggunakan produk popok tertentu.

Beberapa hal tersebut merupakan hal yang menjadi penyebab iritasi dan juga munculnya ruam yang disebabkan oleh pampers bayi. Oleh karena itulah langkah pencegahan pertama yang bisa digunakan adalah dengan memilih popok yang tepat. Adapun beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih popok terbaik untuk bayi adalah:

  • Memperhatikan tipe popok yang akan dipilih apakah popok sekali pakai atau popok yang bisa dicuci dan digunakan kembali.
  • Memperhatikan merek popok terbaik yang terbaik dan berkualitas.
  • Memperhatikan bahan popok yang cocok untuk kulit bayi yang tidak menyebabkan iritasi.
  • Memilih popok yang lembut, menyerap cairan dengan cepat, dan juga ukuran popok yang tepat.

Dengan memilih popok yang tepat maka diharapkan akan dapat untuk mengatasi kulit bayi yang iritasi. Sedangkan untuk mengobati kulit bayi yang mengalami iritasi dan juga muncul ruam ada beberapa cara efektif yang bisa digunakan. Pertama tentu saja dengan segera mengganti popok yang kotor dan lakukan hal tersebut sesering mungkin untuk mencegah kulit bayi mengalami iritasi yang lebih parah.

Selanjutnya harus menaruh perhatian pada kulit bayi yang mengalami iritasi karena pemakaian pampers bayi yang kurang tepat. Cara yang bisa digunakan adalah dengan membersihkannya secara maksimal ketika mengganti popok. Oleskan juga obat untuk dapat mengurangi ruam pada kulit bayi dan cuci hingga bersih kulit dan harus dipastikan ketika memakaikan popok kulit telah kering. Gunakan juga bedak agar dapat menghindari kulit mengalami iritasi kembali.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan