Perlu Diperhatikan Apakah Tanda Tanda Kehamilan 1 Minggu ini Sedang Terjadi pada Anda?

 

( Foto : Cranial Intelligent )

 

Apakah Anda saat ini sedang mengalami terlambat datang bulan? Jika ya, coba beri waktu satu minggu untuk memastikan bahwa kali ini memang bukan sekedar keterlambatan biasa. Setelah satu minggu, Anda bisa memastikannya dengan cara melakukan tespek. Jangan lupa untuk memperhatikan cara memakai tespek yang tertera dibungkus produk karena jika keliru bisa-bisa Anda harus membeli tespek yang baru.

Anda juga bisa cek cara memakai tespek di https://review.bukalapak.com/mom/biar-akurat-ini-9-cara-efektif-menggunakan-alat-tes-kehamilan-18643

Sebelum Anda melakukan tes kehamilan menggunakan tespek, coba perhatikan tanda tanda kehamilan 1 minggu yang mungkin muncul pada diri Anda. Walaupun usia kehamilan 1 minggu terhitung mulai periode awal menstruasi terakhir, sebenarnya Anda sudah bisa menemukan tanda-tandanya.

Perut Terasa Kembung

Kondisi perut terasa kembung diakibatkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah hormon progesteron yang diproduksi berlipat ganda oleh plasenta. Rasa kembung yang muncul diakibatkan oleh reaksi dari hormon progesteron yang melemaskan otot-otot tubuh, termasuk di antaranya otot usus.

Nyeri Payudara

Rasa nyeri pada payudara sebenarnya biasa dirasakan wanita khususnya menjelang datang bulan. Namun pada saat kehamilan kadar nyerinya melebihi rasa nyeri menjelang menstruasi. Kondisi ini juga diakibatkan oleh perubahan kondisi hormon dan tubuh. Setelah melewati masa kehamilan trimester pertama, barulah kondisi ini perlahan akan berkurang.

Mudah Letih

Jika Anda berkegiatan normal, namun terasa lebih letih dan ngos-ngosan, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kehamilan. Hal itu diakibatkan juga oleh produksi hormon progeteron dan kurang tidur dikarenakan sering buang air kecil di malam hari.

Anda harus terus menjaga asupan makanan agar tetap sehat dan mendukung proses pembuahan dengan nutrisi terbaik. Sama seperti tanda tanda kehamilan 1 minggu lainnya, kondisi ini dapat berkurang ketika kehamilan memasuki trimester kedua.

( Foto : Health Guru )

 

Pendarahan atau Bercak Ringan

Pada saat masa menstruasi terakhir anda bisa jadi menemukan flek darah tanda kehamilan. Perbedaannya dengan menstruasi adalah flek merah tanda kehamilan cenderung berwarna coklat atau merah muda. Kondisi ini terjadi dikarenakan proses sel telur yang sudah berhasil dibuahi yaitu zigot sedang menempel di rahim. Zigot yang bergerak ke arah rahim menyebabkan gesekan pada dinding rahim sehingga memunculkan pendarahan ringan yang tidak berbahaya.

Tidak Menyukai Makanan Tertentu

Hormon yang diproduksi secara berlipat ganda membuat banyak reaksi pada tubuh, di antaranya reaksi tak suka pada makanan tertentu atau bahkan sekedar baunya saja. Hal ini terjadi dikarenakan efek dari meningkatnya hormon human chronic gonadotropin atau hCG pada sistem tubuh. Hormon ini terus diproduksi dengan jumlah yang banyak hingga kehamilan mencapai usia 11 minggu.

Sering Buang Air Kecil

 

Tanda tanda kehamilan 1 minggu berikutnya adalah seringnya buang air kecil. Kondisi perubahan hormon juga mengakibatkan perubahan pada laju aliran darah melalui ginjal Anda. Hal itu mengakibatkan kandung kemih Anda terisi lebih cepat sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering.

Sebetulnya ini tidak hanya terjadi di awal kehamilan, tetapi di sepanjang kehamilan. Selama masa kehamilan, volume darah Anda meningkat secara drastis sehingga menyebabkan cairan ekstra diproses dan berakhir di kandung kemih Anda. Sering buang air kecil akan semakin parah ketika bayi mulai besar dan memberikan tekanan yang besar ke kandung kemih.

 

Itulah tanda-tanda kehamilan satu minggu untuk Anda yang mulai mencurigai tanda-tanda kehamilan. Jika semua tanda itu sudah muncul, Anda tinggal memastikannya menggunakan tespek, dan dilanjutkan dengan pergi ke dokter kandungan terdekat.

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan