Perlukah Menggunakan Detergen khusus untuk Mencuci Baju Bayi?

Perlukah Menggunakan Detergen khusus untuk Mencuci Baju Bayi?

Memiliki bayi yang baru saja lahir tentu menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Namun di lain sisi, Anda juga harus siap dengan beragam keperluan yang dibutuhkan si kecil. Mulai dari makan hingga perawatan tubuhnya. Seperti sabun untuknya mandi, pakaian yang digunakan, sampai produk pencuci pakaian khusus yang digunakan sebagai pencuci pakaian bayu. Tapi sebelumnya, mari kita ketahui dulu, apakah perlu memakai detergen khusus dalam mencuci pakaian bayi?

Perlukah Menggunakan Detergen khusus untuk Mencuci Baju Bayi?

Penggunaan Detergen Khusus untuk Baju Bayi

Ketika si buah hati belum lahir, mungkin Anda sebagai orang tua tidak terlalu memperdulikan produk detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian. Mungkin Anda hanya berpikir yang terpenting detergen yang dipakai bisa membuat pakaian jadi bersih dan wangi. Tetapi ketika si kecil lahir, Anda harus lebih peduli dan teliti dalam memilih detergen untuk mencuci bajunya.

Banyak juga orang tua yang beranggapan kalau mencuci baju bayi haruslah menggunakan detergen khusus. Namun, apakah ini harus? Dan apakah bisa mencuci baju bayi menggunakan detergen yang biasa Anda pakai?

Perlu Anda ketahui, sebenarnya mencuci pakaian bayi tidaklah harus selalu menggunakan detergen khusus. Akan tetapi sebaiknya gunakanlah detergen khusus jika si kecil memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap alergi. Namun, jika bayi Anda kulitnya tidak sensitif, tentu aman-aman saja menggunakan detergen yang biasa digunakan keluarga pada umumnya.

Jika si kecil ternyata memiliki kulit yang sensitif, biasanya ketika menggunakan detergen biasa untuk mencuci pakaiannya, maka akan muncul gejala seperti kulit kering, sering muncul bintik merah, eksim, dan gatal-gatal. Segeralah periksakan ke dokter jika bayi Anda mengalami gejala-gejala tersebut. Tapi jika tidak muncul apa-apa, Anda tetap bisa menggunakan detergen biasa.

Menggunakan detergen khusus memang sangatlah baik. Namun terkadang, produk detergen khusus bayu justru kurang efektif dalam membersihkan kotoran yang ada di pakaian tersebut. Oleh sebab itu, Anda juga bisa memakai produk detergen biasa. Tapi pilihlah produk detergen yang tidak berwarna dan tidak mengandung banyak pewangi. Karena detergen seperti ini relatif lebih aman untuk kulit bayi.

Bagaimana Cara Mencuci Pakaian bayi yang Benar?

Selain memilih detergen yang aman, Anda juga harus mencuci baju bayi dengan cara yang benar. Berikut adalah tips mencuci baju bayi yang tepat.

  • Pisahkanlah baju-baju bayi antara yang kotor dengan yang tidak.
  • Rendamlah pakaian bayi dengan air panas terlebih dahulu selama 10 sampai 15 menit sebelum dicuci.
  • Jangan gunakan pelembut maupun pewangi pakaian. Karena biasanya mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.
  • Jangan terlalu mengandalkan pengering mesin cuci. Anda harus tetap menjemur pakaiannya di bawah sinar terik matahari hingga kering.

Demikianlah informasi kali ini tentang detergen yang cocok untuk mencuci pakaian bayi, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan