Saat Akan Membeli Dot Bayi, Perhatikanlah Hal-hal Ini!

Susu ibu atau yang kerap disebut dengan ASI memang dipercaya menjadi susu terbaik yang harus dikonsumsi oleh buah hati Anda. Namun, jika bayi sudah memiliki gigi, pastinya akan menyakitkan jika tetap memberikannya. Untuk itu, Anda perlu memberikannya juga susu formula atau memakai pemompa ASI untuk tetap memberikannya, namun dimasukkan kedalam sebuah botol susu dan mereka bisa meminumnya dengan menggunakan dot bayi yang memang didesain khusus untuk mempermudah mereka meminum susu. Sebelum membeli dot yang cocok untuk buah hati Anda, perhatikanlah hal-hal berikut:

 

Bahannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli dot yang digunakan untuk sang buah hati meminum susu adalah bahannya. Biasanya, yang paling tepat adalah yang terbuat dari bahan lateks yang dikenal karena kekenyalannya, lembut serta tidak mudah bau. Bahan silicon juga kerap menjadi pilihan karena sangat kuat dibanding bahan lainnya kedua jenis ini menjadi bahan yang paling sering dipakai dan dinobatkan sebagai bahan dot terbaik untuk si kecil. Biasanya kedua jenis tersebut memiliki pelapis plastik pada bagian bawah dan melingkari dot tersebut. Jika bukan terbuat dari dua bahan tersebut, akan lebih baik jika Anda mencarinya di toko lain.

 

Bentuknya

Selain bahan, perhatikan juga bentuk dari dot bayi yang akan diberikan untuk si kecil. Umumnya, terdapat 3 bentuk dari dot tersebut. Yang pertama adalah cherry yang batangnya mirip dengan sebuah bola. Jenis kedua memiliki permukaan yang miring dan batangnya melengkung, bentuk ini sangat pas untuk dipakai oleh berbagai jenis dan bentuk mulut sang bayi. Jenis ketiga, bentuknya datar dan menyerupai sebuah dot yang digencet di kedua sisinya, namun masih dapat disedot oleh sang bayi. Pilihlah bentuk yang paling membuat bayi nyaman dan mudah untuk menyedot serta sesuai dengan bentuk mulutnya.

 

Ukurannya

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran dari dot tersebut. Meski sekilas sama, namun nyatanya dot memiliki ukuran yang bervariasi yang disesuaikan dengan usia sang bayi. Untuk bayi berusia dibawah 6 bulan, Anda bisa memberinya tipe 1 yang memang memiliki ukuran yang kecil dan didesain khusus untuk mulut yang sangat kecil. Untuk usia 6 sampai dengan 12 bulan, Anda bisa memberikan tipe 2. Untuk anak berusia 18 sampai dengan 3 tahun bisa Anda berikan tipe 3 yang memiliki ukuran yang paling besar.

 

Pelindungnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli dot bayi adalah pelindungnya. Anda harus memilih yang memiliki sebuah lubang udara yang dapat membantu mereka untuk bernafas saat mengulum dot tersebut. Pelindung yang paling aman adalah yang terbuat dari plastic dan tersedia dalam berbagai warna dan desain, serta ada pula yang memiliki pegangannya.

 Saat Akan Membeli Dot Bayi, Perhatikanlah Hal-hal Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *