Sayangi Si Kecil dengan Memilih Popok Bayi yang Paling Tepat

Sayangi Si Kecil dengan Memilih Popok Bayi yang Paling Tepat

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan. Bagi Anda yang sudah dikaruniai seorang buah hati pastinya ingin memberikan yang terbaik kepadanya. Wujud kasih sayang ini bisa dimulai dari pemilihan perlengkapan yang digunakan anak seperti popok bayi. Perlengkapan yang satu ini tergolong hal yang paling banyak dibutuhkan.

Sayangi Si Kecil dengan Memilih Popok Bayi yang Paling Tepat

Pertimbangkan Sebelum Memilih

Banyak pertimbangan yang harus Anda tentukan untuk memilih popok bayi. Keharusan ini tidak lain disebabkan oleh keadaan buah hati Anda, jika ia masih bayi maka karakteristik kulit tipis dan sensitif pada dirinya harus benar-benar diperhatikan. Apabila Anda salah pilih, banyak masalah kulit yang bisa dialami oleh buah hati Anda seperti ruam dan iritasi kulit lainnya. Maka dari itu sangat penting memilih popok yang sesuai dengan usia buah hati, berikut penjelasannya:

Usia 0-3 Bulan

Usia ini adalah saat dimana kulit bayi masih benar-benar sensitif karena ia yang baru lahir. Sebagai orang tua yang baik, pilihlah popok bayi yang memiliki tekstur lembut dan nyaman saat dikenakan sang bayi. Anda bisa memilih popok sekali pakai dengan perekat pinggang yang mudah dilepas dan dipasang. Selain itu, sesuaikan popok dengan ukuran tubuhnya. Bukan hanya popok sekali pakai, Anda juga bisa memilih popok kain yang mudah dicuci dan bisa Anda pilih bahan yang digunakan.

Usia antara 4-19 Bulan

Anak Anda akan mulai aktif pada usia ini untuk mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya seperti ia akan mulai belajar merangkak, duduk, berdiri, bermain, jalan hingga berlari. Aktivitas anak sudah begitu banyak, maka dari itu popok bayi yang pas adalah yang berbentuk celana dengan pH yang sesuai agar kelembapan kulit bayi tetap terjaga.

Usia >20 Bulan

Pada usia ini, anak sudah benar-benar aktif dalam bergerak sehingga popok yang paling sesuai untuk ia kenakan adalah diapers. Anak akan bisa menyampaikan apa yang ia rasakan terutama kenyamanan saat menggunakan popok, dari sana lah Anda bisa menentukan mana yang paling sesuai. Selain itu, mulailah mengajari anak untuk berlatih menggunakan toilet secara mandiri.

Popok Clodi atau Diapers?

Popok Clodi memang memiliki banyak kelebihan diantaranya Anda bisa menyesuaikan bahan yang paling pas untuk dikenakan anak, namun jika Anda sering bepergian menggunakan popok yang satu ini sangat tidak disarankan karena begitu menyita waktu dan menuntut Anda menjadi lebih sering mengganti popok. Menggunakan diapers lebih disarankan, Anda hanya perlu menggantikan selama kurun waktu tertentu dan memeriksanya secara berkala. Penggunaan diapers juga harus Anda perhatikan, karena apabila Anda tidak rajin memeriksa popok anak, dikhawatirkan ia sudah terlampau penuh yang membuat anak tidak nyaman. Tidak jarang terlalu lama menggunakan popok bayi atau diapers ini membuat buah hati Anda mengalami ruam.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan