Serba Serbi Menyiapkan Persalinan, Mulai Asuransi hingga Pakaian Dalam Wanita

Setelah melewati berbagai dinamika di awal kehamilan seperti cara mengatasi mual saat hamil ( baca selengkapnya di sini), kaki bengkak, dan susah tidur, seorang calon ibu pun sudah harus mulai mempersiapkan proses persalinan. Masa kehamilan yang semakin mendekati hari perkiraan lahir (HPL) tidak jarang membuat ibu juga bingung dengan berbagai persiapannya. Namun jangan khawatir, untuk mempermudah ibu selama proses persalinan, ada baiknya ibu merencanakan dan mempersiapkan sejak jauh hari. Hal detail kecil seperti pakaian dalam wanita juga jangan sampai terlewat sehingga lebih baik jika ibu melakukannya dengan mencatat.

Berikut beberapa panduan persiapan persalinan yang harus dilakukan.

Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Jauh hari sebelum melahirkan, ibu harus mencari informasi di mana tempat persalinan yang ideal untuk kondisi ibu. Hal ini penting untuk segera dipersiapkan sejak awal kehamilan. Bagi ibu dengan kondisi kandungan yang sehat dan hampir tidak ada masalah, tidak ada salahnya jika memilih melakukan persalinan dengan dibantu oleh bidan.

Namun, jika kandungan ibu masuk dalam kategori risiko tinggi, ada baiknya melakukan persalinan di rumah sakit dan dibantu dengan dokter spesialis kandungan. Ibu pun mungkin juga akan lebih nyaman melakukan persalinan dibantu dengan dokter spesialis kandungan yang memantau keadaan ibu dan janin selama kehamilan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat persalinan atau rumah sakit antara lain adalah jarak rumah sakit dengan rumah ibu. Idealnya, tempat persalinan ibu terletak tidak jauh dengan rumah ibu. Selain memudahkan mobilisasi saat akan melahirkan, jarak yang tidak terlalu jauh dapat memudahkan anggota keluarga lain bolak balik ke rumah jika semisal ada barang yang tertinggal atau sekedar beristirahat.

Selain itu, jika kandungan ibu memiliki risiko tinggi, ada baiknya memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas khusus seperti NICU. Jauh hari sebelumnya, ibu bisa bertanya kepada pihak tempat bersalin atau rumah sakit mengenai ruang bersalin, fasilitas yang didapat, dan termasuk jam kunjungan pasien.

Asuransi

Ada baiknya ibu memiliki asuransi, baik milik pemerintah yaitu BPJS Kesehatan atau menggunakan asuransi swasta. Asuransi ini sangat penting karena menjadi payung sebelum hujan bagi ibu dan anak. Asuransi akan membantu dalam menjamin pendanaan selama persalinan. Kalau pun harus menambah biaya sendiri, tentu tidak terlalu banyak. Pastikan asuransi yang dimiliki dapat digunakan di tempat ibu melakukan persalinan.

Barang yang perlu dibawa

Agar tidak perlu bolak balik kembali ke rumah, ibu lebih baik menyiapkan satu buah tas besar yang berisi perlengkapan ibu dan bayi selama proses persalinan. Barang-barang tersebut antara lain, pakaian rumah atau yang nyaman untuk selama proses persalinan atau rawat inap, ikat rambut, dan sisir untuk menjaga rambut tetap nyaman dan tidak gerah. Minyak untuk meredakan nyeri dan membuat rileks. Pakaian dalam wanita yang nyaman dan tidak ketat. Sebisa mungkin juga menyiapkan bra untuk ibu menyusui. Jangan lupa juga mempersiapkan pembalut wanita yang khusus setelah melahirkan.

Selain itu, ibu juga dapat menyiapkan buku atau bacaan lainnya yang membuat ibu dapat lebih rileks dan tenang menjelang persalinan. Tidak lupa ibu juga harus menyiapkan peralatan mandi dasar. Meski mungkin beberapa rumah sakit juga menyiapkan, tapi bagi sebagian orang menggunakan milik sendiri tentu terasa lebih nyaman. Terakhir, bawa beberapa pasang baju untuk bayi yang nantinya akan dilahirkan. Baju ini yang akan dipakai bayi untuk pulang dari rumah sakit.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan