Simak 2 Cara Terampuh Memandikan Bayi Anda dengan Aman dan Nyaman

Simak 2 Cara Terampuh Memandikan Bayi Anda dengan Aman dan Nyaman

Bayi dikenal dengan memiliki kulit yang sangat sensitif dan bagian tubuhnya pun masih rentan dan juga rapuh, jadi apa pun yang Anda lakukan haruslah dilakukan dengan lembut dan pelan-pelan. Memandikan bayi adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan sang ibu setiap hari dengan sangat hati-hati. Diketahui, ada dua cara untuk membuat bayi Anda bersih namun dengan cara yang lembut, yaitu dengan cara direndam langsung atau menggunakan spons untuk memandikannya. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana cara yang baik untuk menerapkan kedua cara membersihkan badan bayi Anda tersebut. Berikut ini adalah detailnya:

 Simak 2 Cara Terampuh Memandikan Bayi Anda dengan Aman dan Nyaman

Menggunakan Spons

Jika Anda termasuk tipe yang tidak ingin mengambil resiko dan ingin melakukannya dengan aman dan juga cepat, Anda bisa menerapkan cara yang satu ini. Anda bisa memulai menyiapkan spons yang bertekstur lembut dan air hangat yang pas untuk bayi Anda. Bagian pertama yang harus Anda lap adalah bagian wajah dan juga tangannya, namun gunakanlah lap yang lembut setelah dicelupkan ke dalam air hangat, usap setidaknya dua kali pada bayi. Setelah itu Anda bisa membersihkan bagian lainnya seperti tali pusar dengan menggunakan lidi kapas yang sebelumnya dicelupkan dengan alkohol. Lalu bersihkan daerah popok disertai dengan pembersih yang bersifat lembut dan setelah itu Anda bisa membungkusnya dengan handuk lembut dan hangat.

 

Rendam

Cara memandikan bayi yang satu ini menjadi cara terbanyak yang digunakan oleh para ibu di Indonesia dan Anda pun bisa sekaligus bermain air dengan si kecil. Namun perhatikan jangan sampai air tersebut mengenai mata atau terminum oleh sang buah hati, pasti mereka akan merasa sakit dan akhirnya menangis. Hati-hatilah ketika memakai cara ini, terus peganglah bayi Anda dengan mantap agar tidak tenggelam.

 

Sebelumnya, Anda harus menyediakan beberapa hal berikut:

Baca Juga : Begini Cara Mengenali Trisomy 13 Dari Awal

  • Suhu ruangan haruslah tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, harus pas agar sang bayi tidak merasa kedinginan atau kepanasan.
  • Perlengkapan mandi haruslah disiapkan sebelumnya serta diletakkan dekat ketika memandikannya. Pakailah sabun dan juga peralatan mandi yang memang dikhususkan untuk bayi Anda.
  • Isi bak tempat mereka mandi dengan air hangat sebanyak 7 centimeter saja, jangan terlalu banyak agar tidak berbahaya untuk mereka.

 

Setelah menyiapkan beberapa alat untuk memandikan bayi, Anda bisa memulainya dengan memasukkannya ke bak tersebut dan mulai membersihkan kepalanya dengan shampoo dan bersihkan area mata, wajah dan kemaluan menggunakan air. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dan mengangkatnya dengan memegang leher dan juga bokong mereka dengan hati-hati agar tidak tergelincir. Segera keringkan dan bungkus dengan handuk agar mereka tidak merasa kedinginan. Terakhir, aplikasikan body lotion, minyak hangat untuk bayi dan pakaikan popok serta pakaiannya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan