Tahapan Penglihatan Bayi dari Usia 0-12 Bulan

Tahapan Penglihatan Bayi dari Usia 0-12 Bulan

Bayi yang baru saja dilahirkan hanya mampu mendengar suara disekelilingnya tanpa bisa melihatnya dengan jelas. Hal ini merupakan hal yang wajar karena penglihatan bayi baru lahir masih belum sempurna karena masih menyesuaikan keadaan di dalam rahim dan keadaan ketika di dunia. Namun seiring berjalannya waktu dia akan bisa melihat keindahan dunia dengan sempurna. Lalu kapan bayi bisa melihat dengan jelas dan bagaimana perkembangan indera penglihatannya? Berikut ini penjelasan lengkap seputar perkembangan penglihatan pada bayi.

Tahapan Penglihatan Bayi dari Usia 0-12 Bulan

Usia Bayi dapat Melihat dengan Jelas

Ketika bayi Anda lahir dengan keadaan yang sehat secara fisik, namun perlu diperhatikan pula kesehatan organ dalamnya seperti jantung, paru-paru, indera pendengar hingga indera penglihatan bayi. Bayi baru lahir memang memiliki penglihatan yang belum jelas karena masih belum stabil. Kondisi ini akan membaik saat bayi memasuki usia 12 bulan. Penglihatan akan semakin sempurna lagi dengan berjalannya waktu dan mengalami perkembangan di usia 3-5 tahun.

Tahapan Perkembangan Penglihatan pada Bayi

  • Usia 0-3 bulan

Ketika di dalam rahim, mata pada bayi selalu tertutup rapat sehingga akan memerlukan penyesuaian saat dia dilahirkan. Pada minggu pertama pasca kelahiran, mata bayi sudah bisa dibuka dan ditutup namun pandangannya masih kabur. Hal inilah yang menyebabkan bayi sering menggapaikan tangannya sehingga mengetahui kondisi sekitar. Pada fase ini jarak pandang bayi hanya sekitar 25-30 cm dari wajah dan hanya mampu menahan pandangan selama 10-12 detik saja.

Pada usia 8 minggu, seorang bayi sudah mampu mengenai wajah orangtuanya. Ketika memasuki usia 2-3 bulan bayi sudah mampu mengikuti gerak benda. Untuk memastikan penglihatan bayi Anda normal, rangsanglah reflek matanya dengan suara atau warna benda yang berbeda-beda.

  • Usia 4-6 bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai mengenal beragam warna khususnya biru, merah dan hijau. Usia 5 bulan ke atas juga sudah memiliki gerak bola mata yang lebih terarah tanpa harus ada gerakan tubuh. Selain itu jarak pandangnya juga semakin luas.

  • Usia 7-9 bulan

Pada fase ini, bayi Anda sudah mampu mempertajam penglihatannya. Perkembangan fase ini semakin membaik karena bayi juga sudah mulai belajar merangkak sehingga akan lebih menarik perhatiannya untuk menggapai suatu benda.

  • Usia 10-12 bulan

Usia 10-12 bulan menjadi fase penglihatan bayi benar-benar sempurna karena mampu melihat semua objek dengan jelas. Hal ini dikarenakan perkembangan bayi yang sudah sangat aktif sehingga dapat melempar benda ke arah tertentu dan mudah beralih ke benda lain.

Waktu Tepat untuk Melakukan Cek Mata

Pemeriksaan mata harus dilakukan sejak dini dan menjadi bagian penting yang harus dilakukan dengan rutin. Waktu pertama cek mata adalah saat bayi dilahirkan dan dilanjutkan pada usia 6 bulan. Kemudian lakukan cek mata lagi pada usia 3-3.5 tahun sebagai pemeriksaan lanjutan guna mengetahui ketajaman jarak pandang. Lakukan check up lagi saat anak Anda berusia 5-6 tahun dan lakukan pemeriksaan rutin hingga dewasa.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan