Tanda-Tanda Bayi Lapar Sejak Lahir Hingga 6 Bulan

Tanda-Tanda Bayi Lapar Sejak Lahir Hingga 6 Bulan

Bukan rahasia lagi bahwa memberi makan saat bayi lapar bisa membuat stres bagi orang tua baru. Ada banyak pertanyaan untuk direnungkan. Seberapa sering bayi Anda harus diberi makan? Bagaimana Anda tahu jika dia mendapat cukup makanan? Apakah kebutuhan nutrisinya berubah dari minggu ke minggu? Kabar baiknya adalah bahwa bayi Anda adalah otoritas tunggal terbaik ketika dia perlu diberi makan dan ketika dia puas.

Tanda-Tanda Bayi Lapar Sejak Lahir Hingga 6 Bulan 

Regulator internal untuk rasa lapar dan kepenuhan sangat sesuai dengan kebutuhan energinya. Itulah sebabnya mengapa menghitung rumus dengan benar atau jumlah menit per sesi menyusui bukanlah cara terbaik untuk menghitung jumlah yang cukup. Sebaliknya, perhatikan isyaratnya dan perilakunya akan memberi tahu Anda saat dia lapar dan ketika dia kenyang. Ketika pengasuh responsif terhadap isyarat menyusui, bayi akan mengatur asupan energinya sendiri. Tetapi ketika isyarat bayi tidak diperhatikan, mereka lebih cenderung menjadi bingung tentang sensasi lapar dan kepenuhan mereka, mungkin mengarah pada preferensi untuk makanan yang kurang sehat tinggi lemak, berkalori tinggi dan resiko yang lebih besar untuk obesitas anak-anak.

Berikut ini tanda-tanda bayi lapar, yaitu:

  • Menangis.

Seruan lapar biasanya singkat, bernada rendah, dan naik dan turun. Tetapi menangis sebenarnya adalah salah satu dari tanda-tanda kelaparan.

  • Bangun dan bertindak gelisah.

Sebelum bayi Anda merasakan kelaparan penuh, ia akan bangun dan bergerak di tempat tidurnya. Dia mungkin juga menggerakkan mulutnya dan mengangkat tangannya ke wajahnya. Menghisap jari-jarinya dan memukul bibirnya.

  • Membuka mulutnya saat menyusui.

Bayi yang lapar dapat terus menunjukkan ketertarikan untuk menghisap bahkan setelah menyelesaikan payudara atau botol pertama

  • Tersenyum saat menyusu.

Bayi yang lebih tua dari 4 bulan akan menunjukkan minat mereka untuk terus makan dengan melihat Anda dan tersenyum saat mereka memberi makan.

Sedangkan untuk tanda-tanda bahwa bayi Anda sudah kenyang:

  • menutup bibir.

Sama seperti bayi yang lapar menyusu dengan mudah, bayi yang sudah merasa kenyang akan menutup bibirnya.

  • Memalingkan kepalanya.

Versi yang lebih kuat dari menutup bibirnya adalah memindahkan seluruh kepalanya dari sumber makanan. Jika bayi Anda berpaling dari payudara atau botol, Anda tidak perlu memaksanya makan.

  • Berhenti menghisap.

Beberapa bayi yang sudah merasa kenyang akan tetap menempel pada puting tetapi tidak menghisap lagi, inilah waktunya untuk mengakhiri sesi dengan lembut.

Pada sekitar 4 bulan banyak bayi mulai teralihkan selama menyusui, karena kesadaran mereka tentang dunia di sekitar mereka tumbuh. Bayi lapar akan membuat rasa ingin tahu ini bertahan cukup lama untuk merasa kenyang. Ketika dia mulai mencari-cari lebih banyak perhatian, itu pertanda dia sedang lapar. Sehingga kenalilah bayi Anda melalui tindakan dan tingkahnya.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan