Home Kesehatan Tidak Hanya Termometer, Berikut 5 Benda Wajib Punya di Masa Pandemi

Tidak Hanya Termometer, Berikut 5 Benda Wajib Punya di Masa Pandemi

by Erin Nuzulia
termometer

Beberapa waktu terakhir di hampir seluruh belahan dunia sedang berperang melawan pandemi virus corona. Mau tidak mau, kita pun pasti juga berusaha semaksimal mungkin untuk memproteksi diri sendiri dan juga keluarga. Oleh karena itu, ada beberapa benda yang wajib kita miliki untuk menunjang upaya proteksi diri. Salah satunya adalah termometer. Alat yang berguna untuk mengukur suhu tubuh ini penting untuk memantau kesehatan kita dan keluarga terdekat. Harga termometer pun beragam bergantung merek dan juga tipe. Namun tidak hanya itu saja benda yang wajib kita miliki selama pandemi. Berikut daftarnya.

Tidak Hanya Termometer, Berikut 5 Benda Wajib Punya di Masa Pandemi

  1. Masker

Masker adalah benda wajib yang harus selalu digunakan setiap orang setiap keluar dari rumah. Masker ini secara garis besar ada dua jenis yakni masker medis dan non medis. Pada masa awal pandemi, masker medis ini sempat langka dan dijual dengan harga yang fantastis hingga 20x lipat dari harga normalnya. Kini, pemerintah telah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat cukup menggunakan masker non medis berbahan kain katun untuk alat perlindungan diri. Dengan menggunakan masker, Anda pun terlindungi serta melindungi orang lain.

termometer

  1. Hand Sanitizer

Sesuai anjuran dari para pakar dan pemerintah, kita dihimbau untuk menjaga kebersihan diri utamanya di bagian tangan. Caranya adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Namun, apabila kita terpaksa pergi keluar dan tidak menemukan tempat untuk bisa cuci tangan dengan sabun, maka pilihannya adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Ukuran hand sanitizer yang umumnya kecil ini memang memudakan kita untuk membawanya ke mana pun kita pergi. Agar bisa membunuh bakteri dan virus, hand sanitizer yang digunakan harus memiliki kandungan alkohol sebesar 70%.

  1. Termometer

Beberapa waktu terakhir, bila kita pergi ke suatu tempat tidak lagi asing jika dicek suhu tubuhnya menggunakan termometer non kontak. Termometer ini sendiri sebenarnya ada yang jenis kontak dengan tubuh, ada pula yang tidak kontak. Termometer non kontak ini bisa mendeteksi suhu tubuh melalui deteksi infrared. Karena bentuknya yang menyerupai pistol, banyak pula yang menyebut termometer ini sebagai termometer tembak. Untuk memahami lebih jauh soal termometer non kontak ini silakan baca lebih lanjut di tautan berikut ini.

Baca Juga:   Tuntaskan Masalah Jerawatmu, Ini 6 Daftar Obat Jerawat Terbaik

termometer

  1. Desinfektan

Anjuran lain dari pemerintah adalah dengan menjaga lingkungan rumah selalu bersih. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan rajin membersihkan rumah. Akan lebih baik jika menggunakan desinfektan. Tidak usah khawatir mahal, karena desinfektan ini bisa dibuat sendiri di rumah. Untuk desinfektan semprot bisa menggunakan alkohol 70% atau campuran larutan pemutih pakaian dengan air biasa. Ini pun cukup disemprot pada bagian yang sering tersentuh dengan tangan seperti hendel pintu, hendel pintu kulkas, dan juga pagar.

  1. Vitamin

Penting juga untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Vitamin yang direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C ini juga mudah ditemukan di apotek maupun swalayan terdekat. Namun apabila mungkin kesusahan menemukan vitamin C, yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Bisa juga dengan mengonsumsi madu murni yang diyakini baik untuk daya tahan tubuh.

Itu dia lima beda yang wajib dimiliki selama pandemi COVID 19. Tentunya kita semua berharap agar pandemi ini segera berlalu. Tetap sehat selalu ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More