Tips Jitu Mengatasi Mual Saat Hamil

Wanita hamil memang mengalami perubahan hormon yang biasanya menyebabkan mereka kadang susah mengatur emosi. Selain itu, ketika hamil muda, wanita hamil sering mengalami morning sickness yaitu kondisi mual muntah saat pagi hari. Mual saat hamil memang masalah yang alami pada ibu hamil. Penulis buku The Working Woman Pregnancy Book menyatakan bawah sekitar 70% ibu hamil mengalami mual selama awal kehamilan dan 50% mengalami muntah.

Frekuensi mual saat hami muda memang berbeda-beda setiap orang, namun hal tersebut bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, berikut cara untuk mengatasi mual saat hamil:

  1. Minum Air yang Cukup

Salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah dengan cara konsumsi cairan yang cukup. Kebutuhan cairan selama hamil memang berbeda dari sebelum hamil yaitu sekitar 10-12 gelas per hari. Minum cairan yang cukup akan membantu suhu tubuh tetap stabil.

 

  1. Makan Sedikit Sedikit

Kebutuhan ibu hamil juga akan berubah saat hamil. Keadaan mual saat hamil bisa menganggu asupan makanan saat hamil yang bisa berakibat pada kesehatan ibu hamil dan janin. Saat hamil, ibu biasanya akan merasa perutnya kembung dikarenakan asam lambung yang naik sehingga akan menyababkan ibu hamil mual.

Agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi pada kondisi tersebut, maka ibu hamil bisa menyiasatinya dengan makanan dalam porsi yang sedikit dan dalam frekuensi yang sering. Dalam kondisi mual, ibu hamil tidak boleh memaksakan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak karena akan berimbas pada rasa mual yang akan semakin sering.

 

  1. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab dari mual dan muntah adalah kelelahan. Dengan beragam pekerjaan ibu, maka kelelahan akan cukup sering dialami. Untuk mengatasinya, ibu bisa berbagi kegiatan dengan anggota keluarga lain. Pada hari minggu sebaiknya ibu istirahat yang cukup dan lakukan kegiatan seperlunya saja.

 

  1. Konsumsi Buah-Buahan

Tidak semua buah-buahan dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Buah-buahan yang mengakibatkan rasa panas pada perut perlu dihindari misalnya nanas, durian, delima, dan pepaya muda. Buah-buahan yang bisa ibu hamil konsumsi dan bisa mengurangi mual adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti jeruk, manga, dan apel.

 

  1. Olahraga

Selain istirahat yang cukup, ibu hamil juga harus meluangkan waktunya untuk olahraga ringan, seperti jalan kaki ataupun yoga khusus untuk ibu hamil. Melakukan olahraga ringan ini bisa mengatasi rasa mual yang disebabkan karena stres pada pekerjaan sehari-hari.

 

  1. Makanan atau Minuman Jahe

Cara untuk mengatasi mual saat hamil adalah dengan mengonsumsi jahe baik dari minuman ataupun dari makanan. Sekarang banyak dijual produk dengan bahan jahe, seperti permen jahe, kopi susu jahe, dan lainnya. Konsumsi jahe secara rutin bisa mengatasi rasa mual dan muntah saat ibu hamil dikarenakan efek jahe yang membuat perut menjadi lebih hangat.

 

  1. Cari Tahu Penyebab Mual

Beberapa penyebab mual pada ibu hamil dikarenakan karena kondisi lingkungan, seperti bau. Indra penciuman ibu hamil memang sangat peka selama masa kehamilan, hal tersebut bisa diakibatkan karena hormon estrogen yang meningkat. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa menggunakan wewangian dengan aroma yang segar pada ruangan ataupun pada baju seperti lemon dan rosemary.

Jika penyebab mual bukan karena bau, maka ibu hamil harus segera mengenali penyebab dari mual dan muntahnya.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan