Tips Memakaikan Popok Bayi untuk Buah Hati

Tips Memakaikan Popok Bayi untuk Buah Hati

Memiliki buah hati yang baru lahir membuat orang lebih protektif serta berhati-hati terutama mengenai segala produk yang akan digunakan oleh si kecil. Banyak faktor yang mendasarinya salah satunya adalah bayi yang baru lahir masih begitu sensitif. Bagian yang paling sensitif pada bayi adalah kulitnya, sehingga dalam pemilihan pakaian, alat mandi, hingga popok harus begitu diperhatikan. Membicarakan mengenai perlengkapan, popok bayi memiliki peran penting pada kenyamanannya. Lantas apa yang harus dilakukan?

Tips Memakaikan Popok Bayi untuk Buah Hati

Popok bayi menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi si kecil. Selain dari bahan yang digunakan, cara memakaikan popok yang salah bisa membuat kenyamanan sang bayi juga terusik. Beberapa tips memakaikan popok untuk si kecil ini bisa Anda terapkan.

Bersihkan Tangan Anda

Sebelum memakaikan popok pada si kecil pastikan Anda telah membersihkan tangan Anda dengan sabun dan air. Kemudian Anda bisa membersihkan pantat bayi mulai dari depan ke belakang lalu usaplah dengan handuk lembut hingga kering. Barulah Anda bisa memakaikan popok dan kemudian cucilah kembali tangan Anda.

Tidak Disarankan Memakaikan Bedak Sebelum Memakai Popok

Mungkin Anda sudah sering melihat, banyak diantara orang tua secara turun temurun memakaikan bedak sebelum popok dikenakan agar si kecil tidak mengalami iritasi. Namun ternyata hal ini menjadi pemicu terjadinya iritasi. Kulit bayi menjadi kemerahan dan gatal diakibatkan bedak yang menggumpal saat keadaan pantat masih basah. Anda bisa menggantinya dengan lotion atau minyak. Minyak atau lotion ini bisa mengurangi rasa gatal dan kering pada kulit bayi.

Buang Popok Setelah Terbungkus

Jika Anda sudah selesai mengganti popok si kecil. Disarankan agar membungkus popok bekas yang telah kotor dengan plastik. Hal ini dilakukan untuk mencegah menyebarnya kuman-kuman. Anda juga harus rutin membuang sampah popok bayi secara rutin agar tidak bertumpuk di rumah.

Perhatikan Posisi Alat Vital Bayi Laki-Laki

Apabila Anda menggantikan popok bayi laki-laki, hendaknya perhatikan posisi penis dan meletakkannya ke bagian bawah sebelum popok dikenakan. Hal dilakukan agar saat bayi pipis, air kencingnya tidak sampai ke lingkar pinggang.

Pemilihan Popok yang Sesuai

Selain tips mengganti popok di atas, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa jenis popok bayi terutama dengan memperhatikan bahan popok agar aman bagi kulit bayi. Anda bisa mengenakan popok sekali pakai maupun popok kain. Baik kedua jenis popok di atas, pilihlah yang sesuai ukurannya. Jika menggunakan popok kain pakaikan pada bayi dengan tali yang tidak begitu kencang sedangkan untuk popok sekali pakai bisa Anda sesuaikan dengan ukurannya. Sebab, pemilihan popok yang terlalu ketat akan membuat pantat si kecil lembab. Selain itu perhatikan bahan pada popok yang dipakai, jika muncul bekas merah segeralah menggantinya karena hal tersebut mengindikasikan bahwa si kecil terkena iritasi.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan