Tips Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Memilih mainan anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun memang dapat menjadi kesenangan tersendiri bagi kita para orang tua. Di usia tersebut, bermain adalah aktivitas yang sangat menyenangkan serta bisa membangun fisik, sosial dan emosional buah hati. Pastikan ia dapat menikmati mainan yang Anda berikan. Di usia 6 bulan sampai 1 tahun, kemampuan serta pengetahuannya meningkat dengan cepat. Mainan yang spesifik seperti boneka yang bisa berbicara, bisa mendukung kreativitas dan imajinasi mereka. Sekarang ini, bayi lebih membutuhkan mainan yang bisa memancing kemampuan berpikirnya.

Tips Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Berikut berbagai pilihan mainan anak yang bisa Anda pilih sebagai pendukung panca inderanya:

Mainan yang Berbentuk

Biasanya, anak kecil suka dengan mainan berbentuk tertentu seperti berbentuk bulat atau kotak. Mereka akan terpancing untuk mencocokkan dengan cara memasukkan balok berbentuk yang sedang ia pegang ke lubang yang sesuai.

  • Kardus Bekas

Di usia ini, bayi gemar merangkak dan berjelajah. Anda bisa melatih imajinasinya dengan memberi mainan berbentuk kardus. Buat kardus menjadi bentuk terowongan dan benteng. Biarkan ia menjelajah di terowongan tersebut. Selain hemat, mainan ini bisa memberi manfaat edukatif untuk bayi agar memuaskan naluri jelajahnya.

  • Boneka

Boneka dengan bentuk manusia atau hewan bisa menjadi variasi yang cukup menyenangkan. Pastikan boneka yang Anda beri tidak terdapat benang, tali atau bagian yang kecil dan berisiko tertelan. Beri boneka yang memiliki ukuran sesuai dengan tubuhnya sehingga mereka merasa nyaman untuk memainkannya. Sebaiknya, jangan memberi boneka yang berukuran terlalu besar karena bisa membuat bayi kesulitan bermain.

  • Buku

Mengapa buku adalah mainan anak yang tepat? Di usia 6 bulan hingga 1 tahun, mengajak bayi membaca bersama merupakan aktivitas yang menyenangkan untuknya. Anda bisa membacakan cerita dongeng yang bisa memicu perkembangan keterampilan berbahasanya. Jika memberi buku, pastikan terbuat dari bahan yang tak mudah sobek. Hindari buku yang memiliki bahan kertas karena lebih mudah sobek serta berisiko memancing bayi memakan serpihan kertasnya.

Balok atau Kayu

Ajari buah hati bermain balok dengan menyusunnya dan kemudian menjatuhkannya. Ajak anak menempatkan balok kedalam wadah dan menumpahkannya kembali. Sesudah itu, biarkan ia bermain balok-balok tersebut sesuai dengan imajinasinya.

  • Perlengkapan Rumah Tangga

Mainan anak yang terakhir adalah perlengkapan rumah tangga. Perlengkapan rumah tangga seperti sendok kayu, cangkir atau mangkok dengan warna mencolok akan menarik perhatiannya. Biarkan ia bermain bersama Anda, menyiapkan makanan-makanan kecil. Letakkan perlengkapan masak ini di tempat yang terjangkau, namun pastikan kembali jika tidak ada apapun yang menyertainya berisiko tertelan atau jatuh menimpanya.

  • Papan Aktivitas

Beri ia papan aktivitas yang lengkap dengan berbagai macam mainan di atasnya. Mainan tersebut bisa berupa sesuatu yang bisa menarik minat bayi sehingga ia tertarik memutar, menutup, membuka dan menjatuhkannya.

Be Sociable, Share!
 Tips Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *