Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

Memilih sabun bayi haruslah dilakukan dengan cermat dan ekstra teliti. Hal itu dikarenakan tubuh si kecil masih membutuhkan waktu dalam beradaptasi di dunia luar. Karena jika salah dan kurang teliti dalam memilih sabun bayi, maka bisa menyebabkan gangguan kulit pada bayi. Nah, Bagaimanakah cara memilih sabun bayi yang tepat dan aman dan bebas risiko iritasi? Berikut kami berikan informasi kepada anda mengenai tips memilih sabun bayi yang aman digunakan.

Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman Digunakan

Lebih Baik Batangan atau Sabun Cair?

Biasanya orang tua akan bingung dalam menentukan jenis sabun yang akan digunakan untuk bayi. Apakah sabun batangan atau sabun cair. Namun, dari kedua jenis sabun ini, sebenarnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut beberapa diantaranya:

  • Sabun Batangan

Sabun batangan memiliki kelebihan yaitu licin di kulit dan membuatnya terasa kesat setelah digunakan. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan sabun cair. Kekurangan dari sabun batangan yaitu lebih mudah kotor apabila diletakan di tempat yang kurang higienis.

  • Sabun Cair

Banyak keunggulan dari sabun cair, antara lain lebih higienis, lebih praktis, lebih harum, dan busa lebih melimpah. Kekurangan dari sabun cair yaitu harganya lebih mahal dan mengandung bahan aktif yang kemungkinan bisa menyebabkan iritasi.

Apa Sajakah Kandungan yang Harus Diperhatikan?

Karena usia bayi masih di bawah 1 tahun, sebaiknya pilihlah sabun mandi yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti almond oil, lidah buaya, minyak zaitun, atau susu. Anda juga sebaiknya menghindari sabun mandi yang mengandung bahan antiseptik seperti kersol, fenol, triklosan, atau heksaklorofen. Hindari juga bahan SLS dan SLES yang dapat mengakibatkan iritasi dan keracunan pada kulit si kecil. Pilih sabun dengan PH yang aman, yaitu antara 5 – 7 agar tidak menyebabkan kulit menjadi kasar.

Bolehkan Melakukan Mandi Busa?

Sebaiknya jangan, sebelum usia bayi 3 tahun hindarilah mandi busa. Hal itu dikarenakan banyak produk sabun mandi busa yang mengandung detergen dalam jumlah besar sehingga dikhawatirkan dapat mengikis lapisan alami yang melindungi kulit si kecil. Selain itu, salah satu pakar mengatakan jika mandi menggunakan busa sabun akan menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi seperti iritasi saluran kencing.

Apakah Produk Sabun Sekaligus Shampo Aman Digunakan?

Saat ini, cukup banyak produk kebersihan bayi berbentuk sabun sekaligus shampo. Apakah produk multifungsi ini aman? Jawabannya aman. Namun sebaiknya perhatikan juga komposisinya dan pastikan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti yang sudah disebutkan di atas. Hal ini penting dilakukan guna mencegah terjadinya iritasi maupun alergi di kulit bayi.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kali ini mengenai tips memilih sabun bayi yang aman digunakan, semoga bermanfaat untuk anda.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan