Tips Mencegah Anak Terlambat Bicara Bagi Orangtua Baru

Tips Mencegah Anak Terlambat Bicara Bagi Orangtua Baru

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasannya setiap pasangan yang baru saja berkeluarga pasti menginginkan seorang anak untuk melengkapi keluarganya. Kehadiran sang buah hati akan menambah warna dalam hidup berkeluarga bagi pasangan baru. Tentu perkembangan anak akan menjadi hal utama yang akan selalu menjadi prioritas orang tua. Apalagi hal yang berhubungan langsung dengan perkembangan fisik maupun mental dari sang bayi. Anak terlambat bicara adalah sebuah masalah klasik yang kadang menjadi dilema bagi para orang tua.

Ada berbagai faktor yang bisa membuat hal tersebut terjadi, namun ada baiknya juga bagi Anda yang masih memiliki anak kecil ataupun yang bersiap untuk memiliki anak untuk bisa mengetahui apa saja cara agar bisa membuat anak bicara dengan lancar sesuai perkembangan normalnya. Berikut adalah beberapa cara agar buah hati Anda bisa bicara dengan normal sesuai dengan perkembangannya.

Ikuti semua ucapannya

Bayi yang masih sangat kecil terbiasa untuk membuat suara-suara yang tidak jelas, hal ini biasa disebut dengan “bahasa bayi” karena hanya merekalah yang tahu maksudnya dan arti dari yang mereka ucapkan. Anda bisa mengikuti setiap bahasa bayi yang mereka ucapkan meskipun Anda tidak mengetahui artinya. Ikuti dan ulangi setiap kata dengan jelas dan seperti yang mereka keluarkan sesuai yang Anda tangkap. Kemudian Anda bisa bertanya kepadanya apa maksud dari setiap kata yang ia ucapkan.

Tips Mencegah Anak Terlambat Bicara Bagi Orangtua Baru

Berbicara sambil bergerak

Berbicara dengan bayi adalah sebuah kegiatan yang mengharuskan Anda untuk bergerak aktif dan ekspresif. Buatlah gerakan ketika Anda berbicara dengan bayi. Hal ini membuat bayi akan bisa lebih mudah menangkap setiap hal yang Anda ucapkan jika disertai dengan gerakan-gerakan. Semisal jika Anda mengucap, “Ayo bermain boneka” maka Anda akan menggerakkan boneka tersebut sembari mengajak si kecil bermain boneka.

Baca Juga  Tips Mendidik Bayi Perempuan Agar Tumbuh dengan Baik

Menjadi anak kecil

Kadang cara termudah untuk mengajari anak kecil adalah dengan menjadi anak kecil juga. Cobalah untuk bermain dengannya, menghayal, atau berpura-pura agar kemampuan verbalnya juga terasah. Misalnya adalah ketika Anda bermain dengan anak Anda untuk menelepon seseorang dengan menggunakan telepon mainan.

Puji Perkembangannya

Selalu puji setiap keberhasilannya dalam mengucapkan kata-kata yang baru. Hal ini akan membuat reaksi dan perkembangan bicara pada bayi akan meningkat selain juga menambah pengalaman mental yang baik bagi si bayi. Hal ini menjadi hal yang cukup penting untuk mencegah Anak terlambat bicara. Karena pada dasarnya seorang bayi akan belajar berbicara sesuai dengan reaksi dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Beberapa cara diatas adalah cara agar tidak terjadi Anak terlambat bicara. Ada baiknya cara-cara diatas dilakukan secara dini dan kontinue. Karena perkembangan dari seorang anak adalah melalui kebiasaan dari yang mereka alami. Sehingga sudah menjadi hal yang diharuskan untuk selalu mengajari anak setiap waktunya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan