Tips Perawatan Bayi yang Panas Setelah Imunisasi

Tips Perawatan Bayi yang Panas Setelah Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara untuk memberikan vaksin agar dapat mencegah penyakit tertentu. Imunisasi ini biasanya diberikan pada bayi sehingga dapat untuk mengurangi resiko dan mencegah bayi terserang penyakit tertentu. Imunisasi tersebut juga akan berguna untuk tumbuh kembangnya sehingga akan lebih kebal dari beberapa penyakit yang telah di vaksin ketika bayi. Akan tetapi ada ketika setelah di imunisasi, biasanya bayi akan mengalami panas atau kenaikan suhu badan. Dan banyak orangtua yang takut dan khawatir ketika bayi sakit panas. Akan tetapi hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan bisa dirawat dengan benar hingga panasnya turun. Orangtua tidak perlu khawatir dan bisa untuk melakukan beberapa tips perawatan bayi yang tepat ketika bayi panas setelah di imunisasi seperti berikut ini.

Tips Perawatan Bayi yang Panas Setelah Imunisasi

  • Memberikan ASI

Tips pertama ketika bayi mengalami panas setelah di imunisasi adalah tetap memberikannya ASI. Bagi ibu yang memberikan asi eksklusif tetap bisa untuk memberikan ASI ketika bayi mengalami panas setelah di imunisasi. Hal tersebut justru sangat dianjurkan dan akan lebih baik apabila ibu memberikan ASI sesering mungkin bagi bayi yang panas. Dimana hal tersebut dimaksudkan agar dapat mengurangi panas bayi karena kandungan dari ASI sendiri yang sangat bagus untuk kesehatan bayi. Sehingga akan lebih baik untuk memberikan ASI pada bayi setelah di imunisasi dan juga akan sangat baik untuk memberikan dekapan bayi karena hal tersebut dapat untuk meningkatkan zat anti nyeri. Dekapan tersebut akan membuat bayi lebih nyaman dan bisa untuk menurunkan suhu badan yang meningkat. 

  • Mengkompres bayi

Perawatan bayi yang bisa dilakukan ketika mengalami panas setelah imunisasi adalah dengan selalu mengecek suhu menggunakan thermometer. Pastikan kondisi bayi semakin baik yaitu panasnya yang turun. Untuk menurunkan suhu badan bayi tersebut dapat menggunakan cara dengan di kompres air hangat. Penggunaan air hangat sendiri akan mengurangi resiko bayi yang mengalami kejang ketika di kompres.

  • Pastikan bayi merasa nyaman

Tips selanjutnya ketika bayi mengalami sakit setelah di imunisasi adalah dengan memastikan bayi merasa nyaman. Langkah pertama adalah dengan memberikan bayi pijatan yang halus sehingga akan membuatnya merasa nyaman. Selanjutnya dapat untuk memberikan pakaian yang menyerap keringat sehingga tidak kepanasan. Dan hindari juga untuk memberikan selimut yang tebal pada bayi ketika panas karena akan memperparah kondisi bayi.

 Baca juga beberapa jenis imunisasi untuk bayi yang mesti kamu ketahui. Simak selengkapnya di alatbayi.net

  • Periksakan ke dokter

Lakukan beberapa langkah perawatan bayi di atas ketika bayi mengalami panas setelah di imunisasi. Karena hal tersebut sangat umum dialami bayi yang baru saja di imunisasi. Akan tetap apabila semua langkah perawatan di atas tetap membuat suhu badan bayi tidak turun ke normal maka sebaiknya segera dibawa ke dokter. Apabila panas bayi tidak turun selam 2 hari maka periksakan bayi pada dokter.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan