Tips yang Bisa Dilakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Kuat

Tips yang Bisa Dilakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Kuat

Kehamilan merupakan momen yang menyenangkan namun sekaligus perjuangan bagi seorang wanita. Menjaga kehamilan agar tetap sehat dan kuat harus dilakukan selama 9 bulan mengandung calon buah hati. Tanggung jawab menjaga kehamilan tidak terbatas untuk ibu hamil saja, namun calon ayah juga harus turut serta. Calon ayah harus ikut juga memperhatikan kondisi ibu yang hamil dan ikut memantau perkembangan janin pada kandungan ibu. Sehingga selam menjalani kehamilan, ibu hamil sehat dan kuat.

Tips yang Bisa Dilakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Kuat 

Agar kehamilan berjalan lancar dan sehat hingga persalinan, banyak upaya yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat serta melakukan istirahat yang cukup. Ibu hamil harus menghindari stress sebisa mungkin agar kondisi janin tidak ikut terganggu. Selain itu, Anda juga perlu melakukan berbagai hal seperti tips-tips berikut ini.

  • Memeriksakan kondisi kandungan secara rutin.

Menurut WHO, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap 4 minggu sekali saat kandungan berusia 0-28 minggu. Setelah lewat masa itu, pemeriksaan bisa dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali sampai kandungan menginjak 36 minggu. Pada kehamilan berusia 36 minggu bisa dilakukan pemeriksaan setiap seminggu sekali.

  • Melakukan olahraga yang cukup.

Agar ibu hamil sehat dan kuat, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Bisa dengan melakukan senam kehamilan, yoga, dlsb. Senam kehamilan sangat bagus untuk melatih ibu hamil agar bisa menjalani persalinan nanti dengan lebih cepat dan aman.

  • Mengatur pola makan yang tepat.

Hindari mengkonsumsi makanan-makanan instan selama kehamilan karena bisa membahayakan kesehatan janin. Atur pola makan dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Sehingga tidak hanya baik untuk kesehatan ibu hamil, namun juga baik untuk perkembangan janin.

  • Istirahat cukup dan menerapkan pola hidup sehat.

Jika ibu hamil juga masih berprofesi sebagai pekerja, maka atur sedemikian rupa agar tidak terlalu memberatkan selama kehamilan. Hindari bekerja terlalu di forsir hingga mengalami kelelahan karena bisa beresiko pada janin di dalam kandungan. Saat di rumah, lakukan koordinasi dengan suami untuk meringankan beban mengurus pekerjaan rumah tangga. Tak lupa, lakukan istirahat yang cukup dan berkualitas.

  • Mengkonsumsi buah-buahan.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Konsumsi buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan. Anda bisa mengkonsumsi buah apel, jeruk, pisang, dlsb.

  • Menghindari minuman beralkohol, minuman berkafein, dan merokok.

Minuman beralkohol dan yang mengandung kafein sangat membahayakan kehamilan. Karena bisa menyebabkan tekanan darah ibu hamil menjadi naik. Sedangkan untuk merokok juga perlu dihindari, baik itu merokok yang pasif maupun yang aktif. Karena zat adiktif di dalamnya bisa menyebabkan kematian janin dalam kandungan.

  • Mengendalikan stress.

Agar ibu hamil sehat dan kuat sampai proses lahiran, maka atur agar tidak mudah stress atau banyak pikiran. Untuk itu kelola stress dengan baik, seperti dengan melakukan yoga.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan